Peringati Hari Koperasi, Pemkot Serahkan Juara Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian

 

Umbulharjo - Upacara Peringatan Hari Koperasi ke-77 digelar di lapangan Kompleks Balaikota Yogyakarta (17/7) pagi, dipimpin oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto yang bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara diikuti oleh ASN dan pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta, dengan perwira upacara Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM (Disperinkopukm) Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto.

 

Dalam amanatnya, Sugeng menyampaikan bahwa peringatan 77 Tahun Hari Koperasi menjadi penting untuk direfleksikan bagaimana peran koperasi dapat semakin strategis dalam menjawab tantangan krisis dan ketidakpastian, khususnya untuk mempercepat ikhtiar kebangsaan keluar dari middle income trap

 

“Koperasi harus semakin “agile” yakni memiliki kemampuan adaptasi lebih cepat, lebih inovatif dan lebih akuntabel sehingga dapat memberi manfaat yang lebih besar kepada anggota dan lingkungannya,” tuturnya.

 

Pada kesempatan ini, Sugeng Purwanto menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang  Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian 2024 se-Kota Yogyakarta jenjang SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Serta Lomba Koperasi Berprestasi Di Kota Yogyakarta Tahun 2024.

 

Untuk Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian 2024 se-Kota Yogyakarta jenjang SMP juara pertama, kedua dan ketiga berurutan diraih SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta, SMP N 9 Yogyakarta dan SMPN 8 Yogyakarta. Untuk jenjang SMA diraih oleh SMK N 7 Yogyakarta, SMA N 8 Yogyakarta dan SMK N 1 Yogyakarta. Sementara Kopma Universitas Ahmad Dahlan-Ozha Razaldy, Kopma Universitas Ahmad Dahlan-Alya Qotrun dan Kopma Kopma Universitas Islam Indonesia-Dimas Saputra sebagai juara 1, 2 dan 3 Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian jenjang Perguruan Tinggi.

 

Dalam Lomba Koperasi Berprestasi Di Kota Yogyakarta Tahun 2024, terdapat empat kategori Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah yang dijuarai oleh BTM Kotagede, Koperasi Simpan Pinjam Konvensional dijuarai KSP Karyawan Mirota Kampus Harapan sementara Koperasi Konsumen Karyawan PT Sari Husada Generasi Mahardhika menjuarai Koperasi Konsumen dan KSP Suko Rukun Sejahtera untuk kategori Koperasi Berbasis Masyarakat.

 

Ditemui setelah upacara Sugeng Purwanto menyampaikan selamat dan apresiasi kepada seluruh pemenang perkoperasian tahun 2024. Pihaknya berharap para pemenang terutama siswa-siswi akan terus berkembang dan turut mewarnai perkoperasian di Kota Yogyakarta.

 

“Selamat dan terus semangat, jangan hanya sampai disini saja (lomba) tapi terus dilanjutkan, ditularkan kepada teman-teman yang lain. Sudah saatnya, anak-anak muda ikut berkiprah diperkoperasian,” ujar Sugeng.

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto menyerahkan piala penghargaan kepada para pemenang lomba

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto Raharjo menjelaskan Hari Koperasi yang ke-77 mengusung tagline “Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil”. Tema ini oleh pemerintah pusat diambil dalam rangka untuk meneguhkan peran strategis koperasi dalam mengantarkan menuju ke Indonesia Emas 2045.

 

“Di dunia perkoperasian sudah mulai diisi dengan anak muda, memang inilah yang diharapkan. Saat ini kegiatan koperasi harus kreatif dan inovatif, kreatif dan inovatif ini kan identik dengan anak muda sehingga lomba perkoperasian ini diharapkan anak-anak muda tertarik untuk berkiprah,” ujar Tri Karyadi.

 

Pemenang lomba tangkas terampil perkoperasian 2024, lomba koperasi berprestasi dan duta muda koperasi

 

Selain menyelenggarakan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian 2024 se-Kota Yogyakarta jenjang SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Disperinkopukm Kota Yogyakarta juga menetapkan lima duta muda koperasi 2024. 

 

Salah satu duta muda koperasi 2024, Aufa Fadilla Nurysnainia asal SMA N  5 Yogyakarta mengatakan setelah ditetapkannya sebagai Duta Muda Koperasi 2024, pihaknya bersama rekan-rekannya akan mendalami perkoperasian lebih dalam lagi.

 

“Yang pertama, kami akan mengunjungi beberapa koperasi di perguruan tinggi untuk mempelajari koperasi lebih dalam. Setelah itu kami akan melakukan koperasi go to school untuk memberikan sosialisasi tentang perkoperasian untuk menggerakkan teman-teman agar ikut aktif dalam kegiatan koperasi,” kata Fadilla. (Chi)