Dilengkapi Voice Announcer, ATCS Dishub Ingatkan Pelanggar Lalu-lintas

Umbulharjo-Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto pagi ini, Kamis (18/7/2024) mengunjungi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogya. Kunjungannya tersebut untuk melihat secara langsung perkembangan lalulintas di Kota Yogya melalui Area Trafic Control System (ATCS) milik Dishub Kota Yogya.

"Saya ingin melihat dan memastikan penanganan arus lalu lintas utamanya saat terjadi kemacetan dengan menggunakan ATCS ini," katanya.

Usai meninjau, Sugeng mengungkapkan adanya ATCS ini dapat mengontrol secara cepat dengan melihat layar monitor di tiap simpang melalui cctv sehingga jika terjadi kepadatan lalu lintas dapat langsung terurai.

"Ini sangat efisien dan sangat membantu mengurai kemacetan di tempat yang terpantau padat tanpa harus menunggu petugas datang langsung ke lokasi," jelasnya.

Kepada masyarakat orang nomor satu di Kota Yogya ini mengimbau agar selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara. "Tentunya dengan selalu mematuhi setiap rambu-rambu lalu lintas," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Yogya, Agus Arief Nugroho mengatakan di ruang command center atau CC Room tersebut petugas dapat melihat secara langsung kondisi lalu lintas di Kota Yogya.

"Dengan ATCS ini pengaturan durasi lampu alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) bisa dilakukan secara langsung. Tinggal mengatur dari sistem menambah atau mengurangi durasinya sehingga arus lalu lintas jadi lebih lancar," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto saat meninjau ATCS di Dinas Perhubungan Kota Yogya.

Ia mencontohkan ketika rombongan Presiden Republik Indonesia akan mengunjungi Kota Yogya, lampu APILL di tiap persimpangan yang dilewati dapat dibuat hijau semua.

"Bisa membuat lampu hijau otomatis dari simpang Gedongkuning sampai Gedung Agung,” ujarnya.

Agus menambahkan Dishub Kota Yogya telah memiliki 27 cctv untuk memantau persimpangan yang ada di Kota Yogya. ATCS ini juga telah dilengkapi dengan voice announcer.

"Sehingga petugas akan langsung mengingatkan jika ada pengendara yang melanggar rambu-rambu lalu lintas," ujarnya.

Dengan adanya ATCS ini juga akan meringankan tugas personel yang dikerahkan Dishub Kota Yogya. Namun meski begitu pihaknya tetap rutin melakukan patroli untuk memastikan ketertiban di jalan. (Han)