Agro Expo J-Tugu Promosikan Produk Pertanian dan Perikanan Yogya

 



 

Mantrijeron - Pameran Agro Expo J-Tugu kembali diselenggarakan di Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta yang lokasinya bersebelahan dengan Pasar Aneka Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTHY) pada 19-21 Juli 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mengoptimalkan sumber daya dari komunitas ikan dan kelompok tani di Kota Yogyakarta.

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta yang terus berkomitmen meningkatkan dan mengembangkan produk agro di Kota Yogyakarta. Menurutnya, budidaya ikan hias dan pertanian dengan menggunakan media selain tanah menjadi solusi terbaik di lahan pertanian dan peternakan di Kota Yogyakarta sudah semakin sempit.

 

“Ujung dari kegiatan ini selain ketahan pangan, yaitu menciptakan atau mengaktifkan kreatifitas dari pelaku pertanian dan peternakan di Kota Yogyakarta sehingga mampu memberikan income yang kemudian meningkatkan perekonomian,” tutur Sugeng saat Pembukaan Pameran Agro Expo J-Tugu 2024, Jumat (19/7).

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto mengunjungi stand sayuran hidroponik

 

Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki kewajiban untuk memberikan pembinaan, mendorong, memotivasi hingga memberikan fasilitas kepada masyarakat petani. Dalam hal ini, tidak hanya pertanian sayuran namun juga perikanan. Menurutnya, pemilihan komoditas yang tepat dalam melakukan budidaya dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat.

 

“Pemilihan komoditas yang tepat ini akan memberikan kontribusi tambahan pendapatan bahkan income pokok bagi masyarakat Kota Yogyakarta. Masyarakat harus berorientasi pada industri kreatif, jadi bahan baku dari luar kabupaten tapi diolah dan dijual di Kota Yogyakarta. Kota kan menguasai pasar, jadi tidak hanya orientasi membudidayakan tapi lebih memikirkan bahwa ada industri kreatif yang bisa dimanfaatkan,” ujar Sugeng.

 

Salah satu stand ikan hias di Agro Expo J-Tugu 2024

 

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sukidi mengatakan kegiatan Agro Expo  J-Tugu 2024 adalah salah satu bagian untuk mempromosikan produk agro Yogyakarta seperti ikan, tanaman serta produk olahannya.

Tujuan dari Agro Expo ini adalah untuk mempromosikan dulu kemudian menjadi ajang pertemuan antara produsen dan konsumen sehingga dari pertemuan ini akan menghasilkan atau akan ada kontak bisnis yang kemudian nanti akan menyebabkan adanya peningkatan produksi dan permintaan dari produk-produk pertanian perikanan,” terang Sukidi.

 

Pada kegiatan ini Agro Expo 2024 juga akan dimeriahkan dengan kontes ikan guppy, kontes ikan betta, bimbingan teknik pengolahan ikan serta kampanye gemarikan yang melibatkan setidaknya 200 anak-anak di wilayah Kemantren Mantrijeron.

 

Stand olahan pangan dari ikan

 

“Total ada 32 stan yang dipamerkan dalam Agro Expo J-Tugu  seperti ikan hias, ikan konsumsi, produk olahan ikan, potensi pertanian dan hortikultura serta olahan pangan lokal. Kegiatan melibatkan komunitas ikan hias seperti komunitas guppy, komunitas betta, kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan serta ikan segar,” jelas Sukidi.

 

Kegiatan Agro Expo J-Tugu 2024 itu dibuka untuk masyarakat umum dan gratis. Masyarakat bisa datang dan membeli berbagai produk agro yang menarik pameran tersebut. Lokasi Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta berada di selatan Pasthy.  Pengunjung dapat menemukan produk olahan agro seperti olahan rumput laut dan ikan kakap.

 

“Ada juga layanan konsultasi pertanian, pangan, perikanan dan kesehatan hewan kesayangan. Jadi, di stand poliklinik hewan difasilitasi konsultasi, pemberian obat cacing, vitamin dan pemeriksaan terhadap kucing,” tambahnya. (Chi)