TMMD ke-121 Wujudkan Kemanunggalan TNI dan Warga

UMBULHARJO - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0734/Kota Yogyakarta kembali digelar. Tahun ini merupakan TMMD Reguler ke-121 yang akan berlangsung mulai tanggal 24 Juli hingga 22 Agustus 2024.
Dandim 0734/Kota Yogyakarta yang juga merupakan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) pelaksanaan TMMD Reguler Ke-121 di wilayah Kota Yogyakarta, Letnan Kolonel Inf Devy Kristiono dalam Jumpa Pers Jumat (19/7) di Ruang Yudhistira mengatakan, pelaksanaan tahun ini akan menyasar ke wilayah Giwangan, Kemantren Umbulharjo.
Dimana program kegiatan TMMD Reguler ke-121 diantaranya, pembangunan Talud jalan dan  pembangunan Balai RW di Kelurahan Giwangan, pembuatan saluran air hujan (SAH) di Kelurahan Sorosutan serta perbaikan 10 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Dandim 0734/Kota Yogyakarta, Letnan Kolonel Inf Devy Kristiono didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono saat pelaksanaan Jumpa Pers Jumat (19/7) di Ruang Yudhistira Yogyakarta.

Selain itu, kegiatan lainnya adalah merehab satu unit Mandi Cuci Kakus (MCK), satu unit Pos Kamling, pembuatan tiga unit sumur bor di RA/KB/TPA Bunayya Kelurahan Giwangan, perbaikan Gedung Serbaguna Kelurahan Warungboto, Gapoktan Pelangi Kelurahan Giwangan, serta pembersihan lingkungan dan fasilitas umum.
“Kegiatan TMMD ini adalah murni gotong royong dan sengkuyung dengan warga Kota Yogyakarta. Sehingga harapannya, kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat terjalin dengan baik,”katanya.
Tak hanya itu, Kodim 0734/Kota Yogyakarta dalam TMMD Reguler ke-121 ini juga akan membagikan sembako, melakukan penyuluhan kesehatan masyarakat, penyuluhan nilai-nilai Ideologi Pancasila, pencegahan penyalahgunaan Narkoba dan lain sebagainya.
Selain melakukan kegiatan pembangunan desa, kegiatan TMMD Reguler ke-121,  dimeriahkan dengan adanya Lomba Karya Jurnalistik. Dimana, lomba tersebut terbuka untuk umum mulai dari masyarakat, prajurit TNI, maupun Polri.

Kegiatan TMMD Reguler ke-121 diharapkan dapat bermanfaat khususnya bagi warga Kota Yogyakarta yang berada di Giwangan Kemantren Umbulharjo.

Peserta lomba dapat mengirimkan satu konten terbaik mereka, disertai bukti tayangan, invoice hasil blasting, serta link media sosial dan bukti lain jika diperlukan.
Peserta yang mengikuti Lomba Jurnalistik ini  diwajibkan memiliki Kartu Pers dan mengirimkan produk konten terbaik mereka dengan kualitas terbaik.
“Dengan adanya lomba ini, harapannya dapat meningkatkan akselerasi pembangunan di pedesaan. Selain itu, sarana publikasi media ini dapat menggambarkan kegiatan TMMD. Sehingga masyarakat lebih tahu kegiatan yang dilakukan selama TMMD berlangsung,’’jelasnya.
Ia menambahkan, nantinya akan ada hadiah bagi 50 peserta dan 12 pemenang pada kategori satgas dari media cetak, elektronik, online dan media lain-lain. Selain itu, pada kategori wartawan akan terpilih sembilan pemenang dari media elektronik, cetak dan online.
Untuk itu, peserta dapat mengirimkan karya mereka untuk kategori Satgas TMMD Reguler Ke-121 dapat mengirimkan ke laman https://forms.gle/XvTSSR2frBrakYgDA , untuk kategori wartawan dapat dikirim ke laman https://forms.gle/HnH6C9e935LM8gJr8. Selanjutnya, untuk kategori media lain bisa melalui https://forms.gle/J9fjTrxfGtceDsUc6
Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono mendukung dan mengapresiasi kegiatan TMMD Reguler Ke-121.
Menurutnya, inovasi yang dilakukan sangat relate dengan perkembangan zaman saat ini. 
Ia berharap, akan banyak media sosial khususnya di Kota Yogyakarta yang ikut dalam lomba karya jurnalistik. Bahkan harapannya, salah satu wartawan akan dapat menjadi perwakilan DIY.
“Kegiatan yang di bangun sangat menarik sekali diikuti oleh para wartawan khususnya di Kota Yogyakarta untuk mempublikasikan kegiatan Kodim 0734/Kota Yogyakarta sehingga dapat dilihat oleh masyarakat luas,”ujarnya. (Hes)