Kartamantul Jadi Role Model Penataan Kawasan Pariangan Timur

Umbulharjo-Pemkot Tasikmalaya, Pemkot Banjar, Pemkab Garut, Pemkab Ciamis, dan Pemkab Pangandaran yang tergabung dalam wilayah Pariangan Timur Provinsi Jawa Barat bersama Universitas Pasundanmelakukan kunjungan kerja ke Sekretariat Bersama (Sekber) Kartamantul.

Rombongan ini dipimpin oleh Wakil Direktur Pasca Sarjana Universitas Pasundan, Bambang Heru. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk menggali informasi dari kelembagaan di Sekber Kartamantul agar dapat diterapkan untuk mengembangkan wilayah Pariangan Timur.

Menurutnya pola penataan yang dilakukan oleh Sekber Kartamantul adalah salah satu role model terhadap penataan kawasan Pariangan Timur.

"Terutama bagaimana cara menghimpun komitmen bersama sehingga tercapainya kerjasama antar kota dan kabupaten. Kita ketahui bersama untuk menghimpun komitmen bersama ini tidak mudah, jadi kita perlu belajar bagaimana cara yang dilakukan olek Sekber Kartamantul," ujarnya di Ruang Bima Balai Kota Yogya, Senin (29/7/2024).

Rombongan ini diterima oleh Sekda Kota Yogya yang juga merupakan Ketua Sekber Kartamantul, Aman Yuriadijaya. Aman menjelaskan Sekber Kartamantul dibentuk pada tahun 2001 yang yang terdiri dari Pemkot Yogya, Pemkab Sleman, dan Pemkab Bantul. 

Sekda Kota Yogya yang juga ketua Sekber Kartamantul saat menerima kunjugan dari anggota wilayah Pariyangan Timur dan Universitas Pasundan.

Sekber Kartamantul adalah lembaga yang bergerak dalam bidang pembangunan di berbagai sektor yang meliputi persampahan, penanganan limbah air, ketersediaan air bersih, jalan, transportasi, dan drainase.

"Kartamantul juga menjadi lembaga yang menjembatani terwujudnya kerjasama agar terwujudnya perkotaan yang nyaman , indah, dan sehat," imbuhnya 

Aman mengungkapkan untuk mencapai komitmen bersama, Sekber Kartamantul selalu melakukan kordinasi terkait program-program dan kegiatan di lintas batas. Hal tersebut dilakukan agar terjalin kerjasama yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

"Tujuan kami adalah untuk mewujudkan perkotaan yang nyaman, indah, dan sehat yang didukung olah sarana-prasarana dan pelayanan yang optimal masyarakat," imbunya.

Pihaknya menjelaskan realisasi kerjasama tersebut seperti koordinasi keterpaduan pengelolaan melalui musrenbang, penanganan genangan di wilayah perbatasan, pembangunan drainase, serta pemeliharaan drainase.

Aman berharap dengan kunjungan tersebut seluruh wilayah yang tergabung dalam wilayah Pariangan Timur mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari Sekber Kartamantul.

"Semoga kunjungan ini nantinya dapat di terapkan terhadap pembangunan di wilayah Pariangan Timur sehingga dapat berdampak postif bagi masyarakat," harap Aman. (Han)