Semarak Dirgantara 2024 Tingkatkan Geliat Pariwisata di Kota Yogya

Sleman-TNI Angkatan Udara (AU) akan menggelar event Semarak Dirgantara 2024. Tahun ini akan dilaksanakan di beberapa wilayah di DIY.

Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) AU, Marsekal Muda TNI Andi Wijaya mengatakan berbagai kegiatan akan digelar dalam event tersebut. Pada tanggal 28 September 2024 akan digelar kolaborasi Royal Yogya Orchestra dengan Swa Bhuwana Paksa Orchestra yang akan digelar di Balaikota Yogya.

Pada tanggal 29 September 2024 akan digelar Seminar Ketahanan Sosial Budaya dilaksanakan di hotel Royal Ambarrukmo. Selain dua acara tersebut, Acara ini akan dipusatkan di Landasan FASI Depok pada tanggal 28 dan 29 September 2024. 

"Ini adalah agenda rutin tahunan dari TNI AU sebagai upaya pelestarian kebudayaan Indonesia. Ini juga untuk meningkatkan sinergisitas dengan Pemda di DIY, seperti Pemprov DIY, Pemkab Bantul, dan Pemkot Yogya," katanya saat launching dan talk show Semarak Dirgantara tahun 2024 di Museum Pusat Dirgantara Mandala, Yogyakarta, Selasa (30/7/2024).

Ia mengungkapkan dipilihnya DIY sebagai lokasi kegiatan Semarak Dirgantara tahun 2024 karena keistimewaan Yogyakarta dan budayanya yang sangat kental.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto saat menghadiri launching dan talk show Semarak Dirgantara tahun 2024 di Museum Pusat Dirgantara Mandala, Yogyakarta, Selasa (30/7/2024).

"Yogyakarta juga memiliki nilai historis yang tidak dapat dipisahkan dari TNI AU, dimana para perwira TNI AU banyak yang lahir dari Akademi TNI AU," imbuhnya.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto sangat menyambut baik dan mendukung penuh acara tersebut, menurutnya dengan acara tersebut dapat meningkatkan geliat pariwisata di Kota Yogya.

"Apalagi acaranya ini gratis, pasti akan sangat diminati wisatawan dan masyarakat sekitar," jelasnya.

Dengan kegiatan ini, Sugeng berharap, akan terjalin kolaborasi yang kuat antara TNI AU dengan Pemkot Yogya. (Han)