Pemkab OKU Studi Tiru Pelaksanaan SAKIP di Kota Yogya

 

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan. Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu, Teddy Meilwansyah dan diterima langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto di Ruang Yudistira Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Rabu (31/7).

 

Teddy Meilwansyah menyampaikan kunjungannya ke Kota Yogyakarta ingin melakukan  studi tiru terkait pelaksanaan penguatan aspek perencanaan untuk menunjang akuntabilitas kinerja pemerintah daerah, berkaitan dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kota Yogyakarta yang meraih predikat A.

 

“Kami ingin belajar, bagaimana Pemerintah Kota Yogyakarta dapat menjalankan pemerintahan dengan nilai SAKIP yang tinggi yaitu A, mulai dari perencanaan, pelaksanaa hingga evaluasi dan laporannya,” ujarnya.

 

Foto bersama

 

Menanggapi hal tersebut, Sugeng Purwanto mengungkapkan keberhasilan SAKIP Pemerintah Kota Yogyakarta meraih nilai yang tinggi tidak lepas dari peran dan komitmen seluruh perangkat daerah di Kota Yogyakarta. 

 

“Bagaimana kepala perangkat daerah menjadi representasinya. Dengan kepala perangkat daerah yang memiliki pemahaman dan komitmen yang tinggi ini akan mencerminkan instansinya masing-masing,” kata Sugeng.

 

Keberhasilan ini tentunya semua berkat kerja sama dan kolaborasi yang baik dengan seluruh perangkat daerah, yang bersama-sama berkomitmen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan dan penggunaan anggaran di lingkup Pemkot Yogyakarta.

 

Selain itu, Inspektur Inspektorat Pemkot Yogyakarta, Fitri Paulina Andriani menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan penghargaan tata kelola pemerintahan terbaik pada Perangkat Daerah/Unit Kerja di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Dengan kriteria penilaian berdasarkan pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di masing-masing perangkat daerah.

 

“Penghargaan ini agar menjadi sebuah semangat dan motivasi, untuk mendorong setiap perangkat daerah di lingkup Pemkot Yogya dapat terus meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan,” jelasnya.

 

Tidak hanya Kepala perangkat daerah, Paulina melanjutkan seluruh pegawai berkomitmen penuh dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai tujuan dan sasaran yang sudah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) maupun dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). (Chi)