Puncak Peringatan HAN 2024 Tampilkan Kreativitas Anak Yogya

Umbulharjo-Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Kota Yogya yang digelar di halaman Balai Kota Yogya, Kamis (1/8/2024) berlangsung meriah. Acara ini menampilkan berbagai pertunjukan kreativitas anak Kota Yogya mulai dari tari tradisional, drama musikal, literasi keuangan anak, dan geguritan serta berbagai kreativitas anak lainnya.

Dalam acara ini juga diisi berbagai stand edukasi, seperti stand taman lalu lintas, perpustakaan keliling, stand tanggap bencana, serta stand dari GLZoo yang memberikan edukasi seputar satwa. Acara tersebut dihadiri ribuan anak-anak mulai tingkat TK sampai SMA.

Hadir dalam acara tersebut Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto. Pihaknya pun sangat menyambut baik gelaran puncak peringatan HAN 2024.

Sugeng menegaskan bahwa Pemkot Yogya terus berkomitmen untuk mewujudkan Kota Yogya sebagai kota yang layak anak. Berbagai upaya yang dilakukan seperti peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan.  

"Kami memastikan setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan berkualitas. Kami berupaya menyediakan akses pendidikan yang merata dan berkualitas bagi semua anak, diantaranya melalui peningkatan fasilitas sekolah, pelatihan guru, penyediaan beasiswa, pencanangan sekolah ramah anak dan juga sekolah inklusi untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus," ungkapnya di lokasi.

Sedangkan untuk peningkatan kesehatan, lanjutnya, Pemkot Yogya juga rutin melakukan pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak, melakukan pencanangan Puskesmas Ramah Anak, serta menggelar program imunisasi.

"Kami terus berupaya memberikan layanan kesehatan gratis untuk anak seperti PIN Polio yang baru saja kita laksanakan. Ini adalah upaya kita untuk memastikan mereka tumbuh sehat dan kuat," ungkapnya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto saat mrnghadiri peringatan puncak HAN 2024

Tak sampai disitu, Pemkot Yogya juga telah melakukan pencanangan Kampung Ramah Anak yang merupakan salah satu kebijakan yang dibentuk di tingkat RW dan kampung.

"Hal tersebut sebagai sarana merealisasikan hak anak dan meminimalisir permasalahan anak dalam rangka mewujudkan kota layak anak," ujarnya.

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogya, Sarmin mengatakan tujuan digelarnya acara tersebut adalah untuk memberikan edukasi bagi anak-anak tentang pentingnya kreativitas dalam kehidupan serta sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak.

Salah satu anak-anak saat mengunjungi stand perpustakaan keliling pada peringatan puncak HAN 2024

"Peringatan HAN 2024 ini mengangkat tema 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju'. Tema ini dimaknai sebagai upaya dan langkah nyata melahirkan generasi yang berkualitas untuk masa depan," bebernya.

Sarmin mengungkapkan untuk memperingati perayaan HAN 2024, pihaknya juga telah melakukan berbagai kegiatan seperti memberikan edukasi isu anak di sekolah-sekolah selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), mengunjungi anak yang berhadapan dengan hukum di BRSPA Putri Gunungkidul pada tanggal 11 Juli 2024.

Menggelar berbagai perlombaan dengan tema budaya pada tanggal 20 Juli 2024, menggelar talkshow pada tanggal 22 Juli 2024, dan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogya melounching PIN Polio pada tanggal 23 Juli 2024.

Dengan peringatan HAN 2024, Sarmin berharap seluruh anak di Kota Yogya dapat memperoleh hak-haknya dengan baik. "Ini demi terciptanya generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia," jelasnya. (Han)