Porgukar 2024 Bangun Kebersamaan Antar Karyawan

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya kembali menggelar Pekan Olahraga Guru dan Karyawan (Porgukar) 2024. Acara yang akan digelar pada tanggal 5 Agustus sampai 9 Agustus 2024 ini diikuti 45 Perangkat Daerah dan 3 BUMD.

Pembukaan acara tersebut dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto di halaman Balaikota Yogya, Jumat (2/8/2024) dengan menyerahkan piala bergilir kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogya, Budi Santosa Asrori.

Dalam sambutannya Sugeng mengatakan Porgukar 2024 merupakan sebuah kegiatan positif untuk membangun kebersamaan diantara seluruh pegawai Pemkot Yogya tanpa memandang bawahan atau atasan.

"Melalui kegiatan ini kami ingin mendorong agar para guru dan karyawan untuk senantiasa melakukan olah raga secara rutin dan teratur. Acara ini juga dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan karyawan lainnya," bebernya.

Sugeng berharap dengan adanya Porgukar 2024 dapat menumbuhkan semangat juang, membangun sportivitas serta solidaritas pada masing-masing guru dan karyawan.

"Semoga kegiatan positif ini juga dapat memberi dampak positif pula bagi seluruh karyawan Pemkot Yogya sehingga berpengaruh pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto saat menyerahkan trophy kepada para juara kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) dan pemenang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) Kota Yogya.

Pada acara tersebut orang nomor satu di Kota Yogya ini juga berkesempatan memberikan trophy kepada para juara kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) dan pemenang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) Kota Yogya.

Sugeng berpesan kepada seluruh pemenang agar mereka jangan berpuas diri serta terus berlatih agar dapat menorehkan berbagai prestasi di kemudian hari.

"Jangan lupa juga berikan motivasi kepada teman-teman kalian untuk bisa mengikuti jejak kalian agar dapat mengharumkan nama Kota Yogya," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogya, Budi Sansosa Asrori mengatakan terdapat lima cabang olahraga (cabor) dalam ajang tersebut 

"Lima cabor ini diantaranya bulutangkis, catur, tenis meja, tennis lapangan dan e-sport," katanya.

Pihaknya menjelaskan lima cabor tersebut diselenggarakan di tempat yang berbeda-beda. Untuk cabor bulutangkis digelar di GOR Segoro Amarto. Cabor ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 sampai dengan 8 Agustus 2024 dengan jumlah peserta untuk nomor pertandingan tunggal putra 22, tunggal putri 18, ganda putra 54, ganda putri 24.

"Sementara untuk catur akan digelar di ruang Truntum lantai 4 Disdikpora Kota Yogya. Cabor ini dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai 8 Agustus 2024, dengan jumlah peserta untuk nomor pertandingan cepat putra 46, cepat putri 10 dan cepat beregu 12," imbuhnya.

Cabor Tenis Meja akan dilaksanakan di Gedung Grha Tirta, Perumda PDAM Tirta Marta pada tanggal 5 sampai dengan 8 Agustus 2024 dengan jumlah peserta untuk nomor pertandingan tunggal putra 54, tunggal putri 13.

"Sedangkan cabor tenis lapangan digelar di Lapangan Tenis Rumah Dinas Wali Kota Yogya pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2024 dengan jumlah peserta untuk nomor pertandingan tunggal putra 15 dan tunggal putri 8," ujarnya.

Untuk cabor e-sport di Ruang Nitik Rengganis lantai 4 Disdikpora Kota Yogya pada tanggal 7 sampai dengan 9 Agustus 2024, dengan jumlah peserta untuk Mobile Legend 43 dan PUBG 52. (Han)