2.500 Orang Nikmati Malam Hari di Kota Yogyakarta dengan Berlari

Umbulharjo – Sport tourism menjadi salah satu daya tarik wisata Kota Yogyakarta yang semakin diminati oleh masyarakat, di mana potensi tersebut harus terus dikembangkan untuk menggerakkan perekonomian lokal.

Hal itu dikatakan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto dalam pembukaan KAI Bandara Glow Night Fun Run pada Jumat (2/8/2024) di Stadion Mandala Krida. Menurutnya Kota Yogya punya daya tarik rute untuk olahraga lari yang beragam, mulai dari tema heritage hingga jalanan kampung wisata dengan potensi yang juga tidak kalah menarik pada setiap lorong-lorongnya. 

"Selamat datang di Kota Yogyakarta, selamat menikmati rute-rute cantik dalam kota. Apalagi bisa menikmatinya di malam hari sembari berolahraga. Banyak yang bisa dinikmati dengan bermacam-macam tema, mulai dari bangunan heritage, juga di tiap sudut juga kampung wisata dengan potensi yang dimiliki," ungkapnya.

Sementara itu Direktur Utama PT Railink (KAI Bandara) Porwanto Handry Nugroho mengatakan, kegiatan tersebut menjadi gelaran yang kedua setelah pada tahun sebelumnya diadakan di Kota Binjai, Sumatera Utara.

“Ini menjadi gelaran kedua yang ternyata antusiasme di Kota Yogyakarta sangat luar biasa, kami membuka kuota 2.500 peserta dan hanya dalam waktu tiga minggu pendaftaran sudah kami tutup, karena kuota sudah penuh,” katanya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto dalam Pembukaan KAI Bandara Glow Night Fun Run.

Pihaknya mengatakan ada dua jenis rute yang disediakan yaitu sejauh 5 kilo meter dan 10 kilo meter. Di mana keduanya sama-sama melewati kawasan yang menjadi ikon wisata dan sejarah Yogyakarta, seperti Titik Nol Km dan Kawasan Tugu.

Salah satu peserta bernama Dwi dari Kabupaten Sleman menceritakan, ini menjadi kesempatan pertamanya berlari di malam hari dengan tema glow fun run, yang harapannya bisa kembali diadakan tahun depan di Yogyakarta.

“Ini jadi pengalaman yang ke tujuh kalinya ikut event lari, tapi yang konsepnya glow night fun run ini baru pertama kali. Seru dan meriah, apa lagi konsepnya glow in the dark, semoga bisa diadakan lagi dan semakin meriah acaranya juga makin banyak pesertanya,” ujarnya. (Jul)