Bulan Dana PMI Kota Yogyakarta Tahun 2024 Resmi Dibuka

Umbulharjo-Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto secara resmi membuka Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogya 2024. Diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat menyukseskan gelaran tersebut.

"Berbagai kegiatan dan pelayanan yang dilakukan oleh PMI Kota Yogya dalam bidang kemanusiaan perlu kita sengkuyung bersama agar pelayanan tersebut dapat terus berjalan," jelasnya di Ruang Bima, Selasa (6/8/2024).

Pihaknya juga berharap nantinya hasil dari Bulan Dana PMI tersebut dapat digunakan untuk berbagai kegiatan kemanusiaan, kesehatan, tanggap bencana, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

"Ini dari kita untuk kita. Semoga kedepan PMI Kota Yogya juga terus melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam penanganan kemanusiaan," harapnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan launching satu unit ambulance baru. Ambulance ini dilengkapi dengan fasilitas memadai dan bisa diakses masyarakat ketika terjadi kegawatdaruratan.

Sugeng menilai adanya ambulance baru tersebut menjadi komitmen penyediaan pelayanan yang optimal bagi masyarakat. 

"Namun saya berharap mobil ini bisa diparkir terus tak digunakan, yang berarti masyarakat sehat seluruhnya. Tapi apabila harus digunakan, maka harapannya bisa menjangkau masyarakat lebih banyak dan membawa manfaat lebih luas," tandasnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kepengurusan PMI Kota Yogya, Irjen Pol (Purn), Haka Astana MW menjelaskan PMI Kota Yogya selalu aktif dengan berbagai kegiatan dalam bidang sosial dan kemanusiaan. Tidak hanya terbatas pada penanganan bencana, namun juga berbagai kegiatan lain seperti donor darah, dan pelayanan ambulance.

"Selain itu juga ada pembinaan generasi muda, pendidikan dan pelatihan, serta pendampingan masyarakat,” katanya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto saat meresmikan satu unit ambulance milik PMI Kota Yogya.

Ia mengungkapkan selama ini upaya penghimpunan dana rutin yang dilakukan oleh PMI Kota Yogya selalu mendapat respon positif dari masyarakat dan kalangan pengusaha.

"Hal ini menunjukkan semakin kuatnya solidaritas kemanusiaan yang ada pada masyarakat di Kota Yogya," bebernya.

Terkait satu unit ambulance baru tersebut, ia mengatakan mobil tersebut dapat terealisasi setelah dilakukan efisiesnsi anggaran selama satu tahun.

Haka menyebut selama ini PMI Kota Yogya hanya memiliki lima unit ambulance. Namun hanya 4 yang dapat di operasionalkan.

"Ambulance ini sudah kami ubah dan kami tambahkan kelengkapan medis yang memadahi. Agar dapat memberikan pertolongan pertama dan kejadian-kejadian darurat," bebernya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan ambulance tersebut dapat menghubungi PMI Kota Yogya atau datang langsung ke Kantor PMI Kota Yogya yang beralamatkan di Jalan Tegal Gendu Nomor 25, Prenggan, Kotagede.

Penjabat Walikota Yogya, Sugeng Purwanto saat meninjau ambulance baru milik PMI Kota Yogya.

Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kota Yogya Tahun 2024 yang juga merupakan Kapolresta Yogya, Kombes Pol Aditya Surya Dharma berharap agar bulan dana PMI Kota Yogya tahun ini dapat melampaui perolehan dana pada tahun 2023.

"Pada tahun 2023 bulan dana terkumpul Rp 328 juta, semoga tahun ini dapat melampaui jumlah tersebut," ungkapnya. (Han)