Perpustakaan Kota Yogya Gelar Lomba Membaca Nyaring dan Desain Poster

Ngampilan – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (DPK) memberikan kesempatan bagi masyarakat usia 18 hingga 55 tahun untuk ikut serta dalam lomba Membaca Nyaring atau Read Aloud yang pendaftarannya dibuka pada 1 hingga 12 Agustus 2024.

Selain lomba Membaca Nyaring juga diselenggarakan Lomba Desain Poster bagi pelajar usia 13 sampai 18 tahun. Dengan tema yang diangkat yaitu Kampanye Literasi Ala Gen Z. 

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca DPK Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengatakan kehadiran perpustakaan punya peran penting dalam meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat di Kota Yogyakarta.

“Lomba Membaca Nyaring kompetisi yang bertujuan untuk membangun budaya literasi melalui keluarga, khususnya literasi pada anak. Dengan semakin banyak orang tua ataupun orang dewasa yang membacakan buku kepada anak-anak, maka semakin meningkat juga minat baca dan daya pikir kritis pada anak,” katanya pada Senin (5/8/2024).

Pihaknya menyampaikan, pembudayaan membaca sejak dini harus dilakukan melalui keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. Ketiganya sangat penting untuk memberikan peran masing-masing dalam membentuk generasi kritis, kreatif, berkarakter dan melek literasi.

“Salah satu upaya yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta adalah melalui Lomba Read Aloud, serta Lomba Desain Poster Kampanye Literasi Ala Gen Z. Kedua lomba tersebut bersifat perseorangan, yang pelaksanaannya juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Semarak Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2024,” ujarnya.

Nunun juga menyatakan, dalam proses seleksi dan penilaian lomba, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta bermitra dengan Komunitas Read Aloud Jogja, Komunitas Dongeng Mentari, Pegiat Desain Komunikasi Visual, Akademisi serta Balai Bahasa Yogyakarta.

Lomba Desain Poster Kampanye Literasi Ala Gen Z.

Lomba Read Aloud dilaksanakan secara daring, di mana peserta mengirimkan video saat sedang membaca nyaring dan diunggah ke https://bit.ly/LombaReadAloud2024_DPK sampai batas waktu pada 12 Agustus 2024. Pada babak penyisihan dipilih 10 peserta untuk mengikuti final pada tanggal 21 Agustus 2024. Selanjutnya akan dipilih 5 peserta terbaik sebagai pemenang lomba.

Sementara itu Lomba Desain Poster seluruhnya prosesnya dilakukan secara daring dengan mengirimkan soft file desain poster yang telah dibuat ke https://s.id/lombaposter24_DPK hingga batas waktu 15 Agustus 2024. Pemenang Lomba Desain Poster akan diumumkan tanggal 23 Agustus 2024. 

Dari penilaian lomba akan dipilih 5 terbaik di masing-masing kategori, yang selanjutnya akan mendapatkan hadiah sertifikat dan uang pembinaan total senilai Rp 10 juta. Juara 1 sebesar Rp.3.000.000, Juara 2 sebesar 2.500.000, Juara 3 sebesar 2.000.000, Juara Harapan 1 sebesar 1.500.000 dan Juara Harapan 2 sebesar Rp.1.000.000. Apresiasi dan pemberian hadiah akan dilaksanakan pada Puncak Semarak Hari Kunjung Perpustakaan pada September 2024.

Semua lomba bisa diikuti secara gratis tanpa dipungut biaya. Informasi selengkapnya dapat dilihat di Instagram @puskotjogja bisa juga menghubungi Kak Ria 082142965066 atau Kak Nanik 082257780304. (Jul)