Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits Ciptakan Generasi Cerdas Beriman

Umbulharjo – Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto secara resmi membuka Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Tingkat Kota Yogyakarta pada Sabtu (10/8/2024) di Grha Pandawa Balai Kota. STQH tersebut menjadi kegiatan berjenjang yang selanjutnya akan dipilih beberapa perwakilan untuk maju di tingkat DIY.

“Kami berharap melalui kegiatan pada hari ini akan melahirkan para qari dan qariah, hafizh dan hafizhah yang tidak hanya memiliki kemampuan membaca dan menghafal Al Quran serta Hadits dengan baik, tapi juga mampu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto saat membuka STQH Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2024.

Menurutnya dengan kemampuan membaca dan memahami ayat-ayat Al Quran serta Hadits sejak dini, dapat meningkatkan kualitas serta mempersiapkan anak-anak generasi muda Yogyakarta yang bertaqwa dan berakhlak, untuk mewujudkan Generasi Emas Indonesia 2045. Serta bersama-sama membangun masyarakat madani yang cerdas dan beriman.

“Mewakili Pemerintah Kota Yogyakarta, kami sangat mengapresiasi kegiatan STQH, dan kami juga ucapkan selamat berlomba kepada seluruh peserta. Tunjukkan kemampuan terbaik kalian, sebagai insan muslim yang unggul dalam wawasan keilmuan serta pengetahuan keagamaan yang matang,” ujarnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto.

Sementara itu Ketua Panitia STQH Kota Yogyakarta, Saeful Anwar menjelaskan terdapat empat cabang yang dilombakan yaitu Seni Baca Al Quran, Menghafal Al Quran, Tafsir Al Quran dan Hafalan Hadits. Dengan jumlah 246 peserta yang terdiri dari kategori anak-anak dan dewasa baik putri maupun putra.

“Dengan tema Siapkan Generasi Berkarakter Qurani dalam Mewujudkan Masyarakat Kota Yogyakarta yang Rikat, Rakit, Raket, ajang STQH bertujuan untuk semakin menanamkan kecintaan pada Al Quran dan syiar keagamaan bagi masyarakat khususnya generasi muda,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Saeful, dengan adanya STQH juga dapat meningkatkan kemampuan membaca isi Al Quran dalam rangka penghayatan, pemahaman dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari, bagi masyarakat Kota Yogyakarta.

“Melalui ajang STQH tingkat Kota Yogyakarta ini juga menjadi tahapan seleksi untuk ajang STQH di tingkat Provinsi DIY tahun 2024. Dengan harapan para peserta bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dan bisa menjadi wakil Kota Yogyakarta di tingkat DIY nantinya,” terangnya. (Jul)

Peserta Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Tingkat Kota Yogyakarta.