Tingkatkan Kualitas Konten Pemerintah dengan Pemanfaatan AI

Umbulharjo-Seluruh pengelola media sosial tiap perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya didorong untuk meningkatkan kualitas konten media sosial di masing-masing instansinya, salah satunya dengan pemanfaatan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Hal tersebut diungkapkan Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya saat membuka workshop pemanfaatan AI dan produksi konten media sosial perangkat daerah yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogya.

Aman mengungkapkan pemanfaatan media sosial dewasa ini menjadi salah satu pilar utama dalam upaya membangun interaksi yang efektif bagi pemerintah dengan masyarakat. Melalui media sosial, lanjutnya, Pemkot Yogya dapat menyampaikan berbagai informasi kebijakan serta juga dapat mendengarkan aspirasi masyarakat.

"Media sosial bukan sekadar platform komunikasi tetapi juga menjadi sarana strategis untuk menyampaikan informasi secara tepat, cepat, dan inklusif kepada masyarakat," katanya di Hotel Tjokro Style, Salasa (13/8/2024).

Menurutnya dengan menguasai AI para peserta dapat mempercepat proses penciptaan konten serta mengoptimalisasi analisis data sehingga pesan yang akan disampaikan ke masyarakat dapat mudah dipahami.

Aman berharap pelatihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan para pengelola medsos di Pemkot Yogya sehingga masyarakat dapat mengetahui seluruh informasi tentang Pemkot Yogya secara cepat.

Sementara itu Kepala Diskominfosan Kota Yogya, Trihastono mengatakan pelatihan tersebut penting untuk diselenggarakan karena dapat meningkatkan kapasitas para pengelola media sosial.

Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya saat menghadiri workshop pemanfaatan AI dan produksi konten media sosial perangkat daerah

Pihaknya menjelaskan dalam workshop ini para peserta akan diberikan beberapa materi seperti pengenalan AI dalam media sosial dan materi penerapan AI dalam analisis dan pengembangan konten media sosial. 

"Selain itu peserta akan diberikan materi tentang bagaimana cara memproduksi konten di media sosial seperti bagaimana membuat konten yang menarik dan informatif," bebernya.

Workshop ini diikuti oleh 54 pengelola media sosial dan menghadirkan narasumber yang mumpuni di bidangnya yakni Emanuel Kurnia Agung Budhi Darmawan yang merupakan praktisi AI dan media sosial. (Han)