38 Anggota Paskibraka Kota Yogya 2024 Dikukuhkan

Umbulharjo – Sebanyak 38 putra dan putri yang akan bertugas pada Upacara Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Halaman Balai Kota pada tanggal 17 Agustus 2024, secara resmi dikukuhkan oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Yogyakarta pada Kamis (15/8) di Grha Pandawa.

Prosesi pengukuhan diawali dengan pengucapan Ikrar Putra Indonesia, mencium bendera merah putih, pemasangan ikat pinggang dari kain atau kendit dan penyematan lencana kepada anggota Paskibraka Kota Yogya 2024.

“Selamat kepada adik-adik yang telah dikukuhkan menjadi Paskibraka Kota Yogya 2024. Sebagai orang-orang yang terpilih dan diberi amanah serta tanggung jawab sebagai Paskibraka, harapannya bisa dijalankan sebaik-baiknya dengan mantap,” ujar Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto saat ditemui usai Pengukuhan Paskibraka Kota Yogya 2024.

Menurutnya kehadiran Paskibraka Kota Yogya juga menjadi sala satu wujud komitmen dalam memberikan ruang, bagi generasi muda untuk berkarya. Mempersiapkan generasi muda menjadi pemimpin masa depan bangsa.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto.

“Kami juga berharap Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di Kota Yogya pada 17 Agustus nanti dapat berjalan khidmat. Begitu juga dengan rangkaian peringatannya yang diadakan oleh masyarakat di setiap wilayah dengan suka cita, bisa dimaknai lebih mendalam bagaimana perjuangan para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan,” terangnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta, Nindyo Dewanto mengatakan di tahun 2024 menjadi kali pertama Paskibraka diampu oleh Badan Kesbangol setelah di tahun-tahun sebelumnya diampu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

“Setelah melalui proses panjang mulai dari seleksi, ditempa fisik dan mental, latihan baris berbaris, pemantapan, masa karantina, hari ini pengukuhan, kemudian nanti geladi bersih dan pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-79 RI, harapannya setelah ini adik-adik Paskibraka Kota Yogya 2024, bisa menjadi contoh baik dan menularkannya ke sekolah serta lingkungan terdekatnya,” katanya.

Pihaknya juga mengatakan selama proses seleksi hingga penugasan, bekerja sama dengan unsur TNI, Polri dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI). Dengan Latihan yang disiplin dan tegas, yang ada akhirnya bisa menyaring 40 putra dan putri terbaik sebagai Paskibraka Kota Yogyakarta 2024, di mana 1 putri terpilih untuk bertugas di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan 1 putra bertugas di DIY.

Prosesi pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Yogyakarta 2024.

Sementara itu salah satu anggota Paskibraka Kota Yogya 2024, Shadaa Delila Nufaisah Rahmuna yang merupakan siswi dari SMAN 6 Yogyakarta, menceritakan kesiapannya untuk bertugas pada Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di Kota Yogya.

“Dengan latihan yang membentuk kesiapan dan kekuatan mental, kedisiplinan, juga etika perilaku kami siap untuk menjalankan tugas dengan maksimal dan yakin berpikiran positif bisa melakukannya sebaik mungkin,” ceritanya. (Jul)

Anggota Paskibraka Kota Yogyakarta Tahun 2024.