Kemeriahan Perangkat Daerah Sambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Umbulharjo-Setiap Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya menggelar berbagai lomba untuk menyemarakkan dan menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI).

Acara yang di gelar di halaman tiap perangkat daerah ini berjalan meriah dan diikuti oleh semua karyawan dari masing-masing perangkat daerah. Antusiasme peserta lomba sangat tinggi, terlihat dari banyaknya peserta yang berpartisipasi dalam kemeriahan tersebut. 

Salah satu yang menggelar perlombaan adalah Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispetaru) Kota Yogya. Kepala Dispetaru Kota Yogya, Wahyu Handoyo mengatakan untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-79 RI, pihaknya menggelar berbagai perlombaan seperti lomba makan kerupuk dan juga lomba topi kerucut.

Menurutnya dengan semangat kebersamaan ini, dapat berdampak positif pada kinerja seluruh ASN sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Wahyu menambahkan, lomba-lomba seperti ini juga dapat menjadi wadah untuk mempererat rasa persaudaraan antarsesama ASN. Sebab, selama ini pertemuan mereka mungkin hanya dalam konteks pekerjaan dalam keseharian.

Kemeriahan lomba makan kerupuk di Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispetaru) Kota Yogya.

“Suasana seperti ini memang jarang dirasakan dan momen seperti inilah kita saling berbaur dan merasakan kegembiraan dalam merayakan Hari Kemerdekaan,” ujarnya Jumat (16/8/2024).

Ia berharap melalui lomba ini semakin mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan antar pegawai, khususnya di Dispetaru Kota Yogya. 

Salah satu peserta lomba, yang juga merupakan ASN Dispetaru Kota Yogya, Muhammad Rizki Ramadan mengaku sangat antusias dengan adanya perlombaan tersebut.

Menurutnya tiap peringatan HUT RI memang harus diisi dengan berbagai kegiatan positif, yang dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme, juga kekompakan guyub rukun persaudaraan dengan lingkungan sekitar tempat tinggal maupun di pekerjaan.

Ia berharap lomba tersebut dapat terus diselenggarakan di masa mendatang dengan lomba yang lebih bervariasi.

“Semoga semakin guyub, gumregah, untuk mencairkan suasana antar personil, harapannya bisa dirutinkan setiap tahun dengan jenis lomba yang lebih beragam,” katanya.

Kemeriahan lomba estafet tepung yang di gelar oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogya

Selain menggelar lomba, beberapa perangkat daerah juga menggelar jalan santai mengelilingi Balai Kota Yogya, salah satu yang menggelar adalah Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PKU) Kota Yogya. 

Tak hanya jalan santai saja, mereka juga mengenakan pakaian unik, seperti mengenakan seragam anak Sekolah Dasar (SD), memakai kostum kuda lumping beserta atributnya, dan pakaian tradisional dari beberbagai daerah. (Han)