Satu Jam Sebelum Upacara Ditunjuk Jadi Pembawa Bendera

Tanggal 17 Agustus 2024 menjadi salah satu hari yang paling spesial bagi Maria Nonna Hiularisa, pasalnya dia terpilih menjadi petugas pembawa Bendera Merah Putih pada Upacara Pengibaran Bendera Peringatan HUT ke-79 di Halaman Balai Kota Yogyakarta.

Gadis kelahiran tahun 2008 tersebut menceritakan, surat keputusan terkait ketugasan apa yang didapatkan, baru dibacakan satu jam menjelang upacara dimulai. Sementara selama proses latihan, banyak dilakukan rotasi posisi sehingga memang harus siap untuk ditugaskan di posisi manapun.

“Rasanya campur aduk, senang, deg-degan, terharu dan bangga, bersyukur hari ini bisa melaksanakan tugas sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Yogyakarta dengan lancar,” ceritanya saat ditemui usai upacara pada (17/8/2024).

Penyerahan Bendera Merah Putih oleh Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto kepada Anggota Paskibraka Maria Nonna Hiularisa.

Maria yang saat ini merupakan siswi kelas 11 SMAN 2 Kota Yogyakarta mengatakan, menjadi seorang Paskibraka merupakan kesempatan yang berharga bagi dirinya. Selain pendidikan kesamaptaan dan wawasan kebangsaan yang didapatkan, pertemanan dan kekeluargaan yang terjalin selama proses latihan juga sangat berkesan baginya.

“Banyak sekali pengalaman baru yang saya dapatkan, wawasan kebangsaan yang semakin luas, mental dan fisik yang bertambah kuat, dan teman-teman baru dengan rasa kekeluargaan yang erat, baik dengan sesama teman angkatan, maupun kakak pelatih serta kakak pembina,” katanya.

Maria Nonna Hiularisa saat bertugas sebagai Pembawa Bendera Merah Putih.

Selama proses seleksi, latihan, masa karantina di Asrama Desa Bahagia hingga hari H pelaksanaan tugas sebagai Paskibraka, tidak lepas dari doa dan dukungan orang tua serta keluarga Maria. Dirinya sangat bersyukur memiliki support system yang positif untuk mendorongnya terus konsisten dan disiplin.

“Terima kasih untuk mamah dan papah yang selalu mendukung saya dari awal proses latihan, membantu saya untuk menyiapkan perlengkapan, mengantar di pagi hari untuk latihan, serta doa dan hal-hal baik yang sudah diberikan. Termasuk juga teman-teman Paskibraka 2024, serta kakak pelatih dan kakak pembina atas bimbingannya,” ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan akan melanjutkan pengabdiannya sebagai anggota Paskibraka Kota Yogyakarta 2024 pada Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI). Untuk terlibat dalam keorganisasian Purna Paskibraka dan menjaga regenerasinya. (Jul)

Maria Nonna Hiularisa saat bertugas pada Upacara Pengibaran Bendera Peringatan HUT ke-79 RI di Balai Kota Yogyakarta.