Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Kerja Keras Menuju Generasi Emas

 

 

 

Umbulharjo – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia digelar di lapangan Kompleks Balai Kota Yogyakarta Sabtu pagi (17/8), dipimpin langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto, yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Sebanyak 38 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) tahun 2024 dari pelajar SMA di Yogyakarta sukses mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia yang berlangsung tertib dan khidmat.

 

Pengibaran bendera merah oleh paskibraka 2024

 

Komandan upacara dipimpin oleh Kapten Inf Djoko Sutikno dan perwira upacara diampu Kapten Inf Joko Wuryanto. Serta komandan pasukan pengibaran bendera dipimpin oleh Lettu Kal Arif Hidayat.

Pada kesempatan kali ini, Sugeng Purwanto menyampaikan bahwa peringatan HUT RI-79 menjadi momentum untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Pada masa lampau para pahlawan berjuang dengan mengorbankan nyawanya, kemudian menurut Sugeng perjuangan itu belum selesai. Generasi muda dituntut untuk terus berjuang dengan komitmen kemauan maju menjadi generasi emas tahun 2045 mendatang.

“Situasinya sudah berbeda di dalam era pembangunan masa lampau dengan saat ini. Tentunya kita selalu ke kerja keras untuk saling bahu membahu, bekerja bersama agar apa yang diharapkan yaitu cita-cita Indonesia emas 2045 bisa terwujud sebagaimana yang diinginkan,” ujar Sugeng saat ditemui setelah Upacara Peringatan HUT RI 79 di kantornya.

 

Pihaknya juga mengatakan peringatan Upacara Peringatan Hut RI 79 tidak lepas dari kerja sama dan dukungan lintas sektor baik instansi vertikal, internal perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta dan masyarakat.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya untuk pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tahun 2024 serta dukungan masyarakat Kota Yogyakarta yang luar biasa,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta, Nindyo Dewanto mengatakan di tahun 2024 menjadi kali pertama Paskibraka diampu oleh Badan Kesbangol. Pihaknya membeberkan bahwa paskibraka 2024 telah melewati proses yang panjang mulai dari proses seleksi, latihan, masa karantina di Asrama Desa Bahagia dan dikukuhkan 15 Agustus 2024.

“Harapannya, adik-adik ini nanti akan menjadi penerus yang dapat diandalkan. Memiliki wawasan kebangsaan serta mampu mengimplementasikan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian ujungnya akan menjadi generasi emas di tahun 2045,” kata Nindyo. (Chi)