Satpol PP Berkah Dari Sekolah Wujudkan Generasi Cinta Ketertiban

MERGANGSAN - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah mengukuhkan SD Muhammadiyah Karangkajen sebagai Panca Tertib (Pantib) For School atau Satpol PP Bergerak Bersama Sekolah (Berkah), pada hari Senin (19/8). Deklarasi Sekolah Panca Tertib ini merupakan ke-18 yang sudah dicanangkan pemerintah di wilayah Kota Yogyakarta.
Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Karangkajen I , Tri Nugroho didampingi Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Karangkajen II, Novia Nuryany mengucapkan, terima kasih atas dukungan dan arahan untuk mendeklarasikan SD Muhammadiyah Karangkajen sebagai Pantib For School.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Karangkajen I , Tri Nugroho saat menandatangani deklarasi Pantib For School.

Dimana sekolah tersebut menjadi salah satu sekolah yang tertua di wilayah Kota Yogyakarta dengan usia 105 Tahun pada bulan November mendatang.
“Kami berterima kasih atas kegiatan deklarasi panca tertib di lingkungan sekolah kami. Kegiatan ini melibatkan 140 siswa yang ikut dalam deklarasi Pantib School.
 Semoga sekolah ini akan menjadi salah satu sekolah yang tertib dalam berbagai hal,”katanya.

Tri Nugroho didampingi Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Karangkajen II, Novia Nuryany saat memberikan sambutan.

Ia berharap, seluruh siswa, guru dan masyarakat menjadi bagian semangat untuk mewujudkan tertib sosial, lingkungan, daerah milik jalan, usaha maupun tertib bangunan dengan baik.
Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat mengatakan, pemerintah sedang mewujudkan Kota Yogyakarta yang tertib mulai dari lingkup sekolah.
Sehingga harapannya, dengan Pantib School ini dapat mewujudkan tertib lingkungan yang bersih, aman, indah dan nyaman dengan membuang sampah pada tempatnya serta pemilahan sampah di sekolah. 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat saat mengajak murid SD Muhammadiyah Karangkajen membaca deklarasikan Pantib School.

Selain itu, mampu mewujudkan tertib sosial dengan mengenalkan anak-anak pada tata krama dan unggah-ungguh serta berempati kepada orang lain.
Selanjutnya, untuk tertib daerah milik jalan diharapkan dapat menghimbau para penjual yang menggunakan badan jalan serta penataan parkir kendaraan antar jemput orang tua siswa serta mampu mewujudkan tertib usaha melalui budaya membeli dan mengkonsumsi makanan sehat dan halal dan yang terakhir, mewujudkan tertib bangunan dengan belajar mencintai dan menjaga kebersihan bangunan sekolah serta fasilitas umum dari vandalisme. 

Terlihat anak-anak mendukung Pantib School di SD Muhammadiyah Karangkajen.

“Karena pemerintah ingin mewujudkan generasi mendatang yang unggul, hebat dan tertib mulai dari anak-anak atau sejak dini, dari sekolah inilah kita wujudkan kader-kader masa depan yang paham arti ketertiban di wilayah Kota Yogyakarta,”jelas Octo.
Ia berharap, kegiatan ini tidak hanya sekedar deklarasi semata, tetapi dapat diwujudkan komitmen bersama terutama melalui kebersamaan dari kampung, sekolah dan PDM Muhammadiyah yang juga ikut membersamai sekolah baik bagi para kader maupun Masyarakat sekitar.

Kegiatan ini juga diisi dengan potensi kreativitas murid SD Mugammadiyah Karangkajen.

Selanjutnya, Mantri Pamong Praja, Kemantren Mergangsan, Pargiyat mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan Kota Yogyakarta yang tertib mulai dari sekolah.
Menurutnya, SD Muhammadiyah Karangkajen selain menjadi sekolah tertua di Kota Yogyakarta, juga memiliki inovasi dan program kerja yang luar biasa.
Ia berharap, sinergitas di wilayah terus terjalin dan mewujudkan generasi bangsa yang tertib, unggul dan hebat.

Foto bersama steakholder dalam kegiatan Sekolah (Berkah).

“Atas nama wilayah, kami mengucapkan terima kasih. Terutama bagi seluruh guru dalam mendidik anak anak kita. Semoga deklarasi panca tertib ini akan memperkuat apa yang telah kita lakukan untuk menyiapkan anak-anak yang unggul dan tertib dalam berbagai hal tentunga juga dengan dukungan dari orang tua siswa,”ujarnya. (Hes)