Pemkot Permudah Masyarakat Untuk Akses Wifi Publik

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya terus berupaya memberikan akses internet gratis bagi masyarakat melalui jaringan wifi publik. Hingga saat ini sudah ada 1.065 wifi publik yang tersebar di Kota Yogya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogya Trihastono mengatakan wifi publik tersebut dipasangkan di tempat-tempat umum yang mudah di akses oleh masyarakat.

"Wifi publik ini terdapat ruang terbuka hijau publik, di balai RW, di tempat ibadah seperti masjid, gereja, dan mushala juga sudah ada layanan wifi publik gratis ini," bebernya saat ditemui Senin (19/8/2024).

Dan yang terbaru, mulai tanggal 17 Agustus 2024 lalu, masyarakat dapat mengakses wifi publik tersebut tanpa harus login menggunakan username dan password di aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

"Kalau sebelumnya harus punya akun JSS terlebih dahulu, nah sekarang tidak. Masyarakat yang ingin menggunakan wifi publik tersebut hanya tinggal menyambungkannya di perangkat mereka, kemudian melihat video yang otomatis terputar dengan durasi 30 detik terkait JSS. Namun video ini bisa dilewati setelah 15 detik," bebernya.

Pihaknya mengungkapkan upaya ini adalah bentuk komitmen Pemkot Yogya dalam memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. 

Menurutnya keberadaan wifi publik gratis tersebut akan mempermudah masyarakat mengakses berbagai layanan publik dari Pemkot Yogya yang sebagian besar sudah bisa diakses secara daring.

 "Siapa saja bebas mengakses internet di masing-masing titik ini, warga cukup datang ke tempat tersebut dan dapat memanfaatkan fasilitas dari Pemkot Yogya," ujarnya.

Ia berharap dengan fasilitas tersebut dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat baik dalam berkomunikasi serta dapat mendukung dan meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat. (Han)