Taman Edukasi Lalu-lintas Ajak Anak Disiplin Sejak Dini

Umbulharjo-Taman Edukasi Lalu Lintas milik Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya yang berada di sisi barat Terminal Giwangan terus diminati oleh masyarakat. Tercatat hingga Bulan Juli 2024 kunjungan ke taman tersebut mencapai 3.209 pengunjung.

Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Keselamatan Lalu Lintas Dishub Kota Yogya, Harry Purwanto mengatakan kunjungan tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah pengujung sepanjang tahun 2023 mencapai 3.132. 

"Dalam satu minggu paling tidak tiga Sekolah yang datang. Ini membuktikan Taman Edukasi Lalulintas terus diminati oleh masyarakat," katanya saat dihubungi Senin (26/8/2024).

Pihaknya pun berkomitmen untuk terus menyempurnakan taman tersebut seperti menambah kendaraan peraga dan rambu lalulintas. Pada awal diluncurkan hanya berjumlah 12 buah, namun sekarang mencapai 45 buah.

"Kami juga rutin melakukan pengecekkan alat peraga dan sarana prasarana yang lain agar memperpanjang usia pemakaian," katanya.

Harry menjelaskan sasaran utama dari Taman Edukasi Lalulintas tersebut adalah anak-anak pendidikan anak usia dini (PAUD) baik formal maupun non formal, TK, dan SD di wilayah Daerah istimewa Yogyakarta (DIY).

"Layanan ini gratis, tidak hanya untuk sekolah di area Kota Yogya saja, tetapi sekolah di luar Kota Yogya dapat menikmati layanan ini. Selain dari sekolah juga bisa misalkan rombongan TPA," bebernya 

Dalam praktik pembelajarannya, Dishub Kota Yogya membagi dua sesi. Sesi pertama berupa teorl yakni mengenalkan pada anak-anak tentang etika dan rambu lalu-lintas. Sedangkan untuk sesi kedua berupa praktik lapangan.

"Di sesi dua ini anak-anak diajak bermain dengan mengendarai kendaraan peraga seperti sepeda, mobil-mobilan, dan otoped yang menggunakan jalur yang dibuat khusus selayaknya jalan raya dimana didalamnya terdapat fasilitas lampu APILL serta rambu rambu lalu lintas lengkap," ujarnya.

Harry menjelaskan bagi masyarakat yang ingin mengakses layanan tersebut dapat menghubungi nomor 0274-410002 atau menghubingi melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp ke nomor 0895-2515-8077.

Anak-anak saat sedang mengendarai kendaraan peraga di Taman Edukasi Lalulintas.

"Masyarakat hanya perlu membuat surat permohonan kunjungan ke Taman Edukasi Lalulintas yang di tujukan kepada Kepala Dishub Kota Yogya," jelasnya.

Untuk jam operasional, lanjutnya, Taman Keselamatan lalu lintas ini dibuka setiap hari. Untuk hari Senin hingga Kamis dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.30 WIB. Sementara untuk hari Jumat dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.30 WIB.

"Namun karena keterbatasan petugas dari Dishub Kota Yogya, petugas yang bertugas untuk memandu hanya ada pada hari Selasa hingga Kamis, sedangkan untuk hari Senin dan Jumat yang menjadi pemandunya adalah guru mereka sendiri," bebernya.

Sebelumnya Dishub Kota Yogya juga telah melakukan pemberian pelatihan kepada guru TK se Kota Yogya agar nantinya mereka ikut menjadi pelopor keselamatan lalulintas. (Han)