Kembangkan Digitalisasi UKM, Pemkot Terima Penghargaan Beli Lokal Awards

 



 

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta memperoleh penghargaan Beli Lokal Awards dari PT Tokopedia dengan kategori pendorong Program Digitalisasi dan Pengembangan Kapasitas Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Produk Lokal. Penghargaan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas PKU Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto Raharjo di Plaza Timur Gelora Bung Karno, Minggu (25/8).

 

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta dalam memajukan dan digitalisasi pelaku UKM di Kota Yogyakarta. Sebelumnya, Dinas PKU telah melakukan kerja sama dengan PT Tokopedia pada tahun 2023 perihal Optimalisasi Griya UKM dan Pelatihan Kelas Maju Digital bagi UKM Kota Yogyakarta.. 

 

“Pemerintah Kota Yogyakarta menjadi satu-satunya kota yang meraih penghargaan Beli Lokal Award kategori pendorong Program Digitalisasi dan Pengembangan Kapasitas UKM dan Produk Lokal. Penghargaan ini bukan menjadi tujuan utama kami, ternyata kami dinilai telah berhasil mendorong digitalisasi UKM yang ada di Kota Yogyakarta,” ujar Tri Karyadi Riyanto Raharjo saat Jumpa Pers di Kantor Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta, Selasa (27/8).

 

Kerja sama pelatihan kelas maju digital, telah berjalan 8 batch dengan setiap batchnya sejumlah 30 UKM fashion, craft dan kuliner dari Kota Yogyakarta. Dalam pelatihan tidak hanya diajarkan bagaimana menjual produk namun juga diajarkan pembuatan konten untuk mendongkrak penjualan.

 

“Kami mendampingi UKM di Kota Yogyakarta, pembinaannya tidak hanya memasarkan produk secara online tapi didampingi mulai dari membuat konten pemasaran hingga bisa memasarkan melalui aplikasi mobile shoppingnya. Sehingga kegiatan ini banyak dimanfaatkan dan dioptimalkan oleh pelaku UKM,” kata Tri Karyadi.

 

Dengan pelaku UKM yang melek digital, harapannya dapat mendongkrak penjualan produk lokal UKM di Kota Yogyakarta dan nantinya akan berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat, lanjutnya.

 

Sementara itu Ketua tim kerja pengelolaan data informasi dan penguatan manajemen UKM Bidang Usaha Mikro Kecil Dinas PKU Kota Yogyakarta Novi Satri Listantoro menambahkan selain Pelatihan Kelas Maju Digital, juga ada program pemberdayaan batik tulis Paguyuban Batik Sidoluhur Kota Yogyakarta.

 

“Pemerintah Kota Yogyakarta yang melek akan teknologi digital dimana para pelaku UKM banyak yang memanfaatkan e-commerce dilihat oleh PT Tokopedia, sehingga apresiasi dan kerjasama dalam mendorong pemanfaatan dan pengembangan kapasitas terus terjalin,” kata Novi. (Chi)