SMEXPO 2024 Kenalkan Industri Kecil pada Masyarakat Luas

KRATON - Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto bersama President Director Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari dan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT. Pertamina Persero, Erry Sugiharto, membuka secara langsung Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 di Plaza Ngasem Yogyakarta mulai tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2024.
Kegiatan itu, sebagai wadah UMKM binaan Pertamina untuk memperkenalkan produk unggulan mereka. Harapannya melalui SMEXPO ini dapat  meningkatkan pendapatan bisnis hingga masuk ke kancah global.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto mengucapkan, terima kasih kepada Pertamina Foundation dan mendukung kegiatan SMEXPO 2024. 
Sugeng Purwanto mengungkapkan, Kota Yogyakarta kaya akan potensi ekonomi kreatif, dan Kota Yogyakarta merupakan Kota Seni Budaya, Kota Pariwisata, Kota Heritage, dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.
Dengan event SMEXPO ini harapanya, akan dapat memperkenalkan sentra industri kecil pada masyarakat luas dan meningkatkan kualitas dan promosi produk agar lebih inovatif dan berkualitas ekspor.

"Keativitas industri yang ada di Kota Yogyakarta harapannya mampu bersaing dengan kabupaten/kota lainnya dan melalui kegiatan ini harus kita angkat betul. Kita perbaiki performanya. Sehingga UMKM Kota Yogyakarta terus maju melalui Rikat Rakit Raket,”jelas Sugeng Purwanto saat sambutan.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto bersama President Director Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari dan Direktur SDM PT. Pertamina Persero, Erry Sugiharto, membuka secara langsung Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 di Plaza Ngasem Yogyakarta, Jumat (30/8).

Sementara itu, President Director Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari mengatakan, ada 30 UMKM yang ikut memeriahkan SMEXPO 2024 di Kota Yogyakarta. Dimana para UMKM tersebut sudah melalui kurasi oleh Pertamina Foundation diantaranya UMKM kriya, fashion, dan kuliner.

“Senang sekali bisa hadir dan menyelenggarakan kegiatan di Pasar Ngasem. Harapan kami Pasar Ngasem akan populer di masyarakat Indonesia melalui produk-produk UMKM binaan Pertamina,”ujarnya.
Sejalan dengan hal tersebut, Direktur SDM PT Pertamina Persero, Erry Sugiharto mengungkapkan, SMEXPO merupakan salah satu inovasi dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina yang telah rutin diadakan setiap tahun sejak Tahun 2020. 
Untuk tahun 2024 SMEXPO tidak hanya di Kota Yogyakarta, tetapi juga dilaksanakan di Makassar, Bandung, Bandar Lampung serta Jakarta yang dimulai pada bulan Agustus hingga Oktober 2024 dengan mengusung tema ‘Lokal jadi Vocal’.
“Lokal jadi Vokal ini adalah tema yang harapannya dapat mengangkat UMKM ke kancah Nasional dan Internasional dengan secara konsisten memberikan pembinaan dan pengembangan bagi UMKM,”ungkapnya.
Pihaknya menyebutkan, hingga saat ini, Pertamina Foundation sudah membina 66 ribu UMKM yang tersebar di Indonesia. “Pembinaan yang dilakukan harapannya dapat memberikan peningkatan ekonomi berkelanjutan,”katanya.
Menurutnya, Kota Yogyakarta memiliki potensi yang luar biasa. Sehingga harapanya, transaksi terhadap produk UMKM juga akan lebih banyak melalui SMEXPO ini.

Rombongan saat melihat satu per satu stan UMKM di Plaza Ngasem Yogyakarta.

“Semoga tahun ini lebih banyak transaksi yang dilakukan, dibandingkan dengan Tahun 2023 yang total transaksinya mencapai Rp 15 Miliar dengan penjualan online maupun offline. “Sehingga, potensi produk UMKM dapat memberikan peluang bisnis yang luar biasa,”imbuhnya.

Kegiatan ini sekaligus melaunching PF Preneur 2024 yang merupakan wadah pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan untuk membantu pengembangan minat dan potensi usaha kecil dan menengah. Sehingga mampu mendukung kemandirian keluarga dan kesejahteraan perempuan. (Hes)

Rombongan juga melaunching PF Preneur 2024.