Gerakan Pramuka Berjiwa Pancasila Menyongsong Indonesia Emas   

UMBULHARJO- Apel Besar Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Yogyakarta digelar di Lapangan Balai Kota Yogyakarta pada Sabtu (31/8/2024). Peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun itu mengambil tema Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan Gerakan Pramuka selama ini dinilai mampu menyiapkan generasi muda dalam menyongsong Indonesia Emas.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto yang bertindak sebagai Pembina Apel mengucapkan selamat memperingati Hari Pramuka yang ke-63 tahun 2024 kepada anggota Gerakan Pramuka di Kota Yogyakarta. Sugeng menilai keberadaan Gerakan Pramuka mampu membentuk anggotanya berjiwa Pancasila dan menyiapkan generasi muda.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto yang bertindak sebagai Pembina Apel Besar Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Yogyakarta.

“Gerakan Pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda. Selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Sugeng saat Apel Besar Hari Pramuka ke-63 Kwartir Cabang Kota Yogyakarta.

Sugeng menyatakan saat ini dihadapkan dengan berbagai tantangan zaman dan perkembangan teknologi. Termasuk aksi bullying, generasi muda yang terpapar judi online, kasus narkoba, hingga budaya asing yang menggerus semangat gotong-royong dan nasionalisme generasi muda. Dalam menghadapi persoalan itu Gerakan Pramuka sangatlah tepat untuk meng-kanalisasi situasi .

Anggota Pramuka Kota Yogyakarta mengikuti Apel Besar  Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Yogyakarta.

“Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik. Itu yang menjadikan postur ideal seorang Pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia,” papar Sugeng yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta.

Pihaknya menegaskan Gerakan Pramuka realitanya tidak hanya sekadar membangun karakter, tapi juga berperan aktif pada bidang lain. Misalnya pengabdian masyarakat, di antaranya membantu berbagai kebencanaan, melaksanakan kegiatan bakti dan aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan.

Sugeng menyematkan penghargaan Lencana Pancawarsa kepada anggota Pramuka orang dewasa atas kesetiaan dan pengabadian dalam Gerakan Pramuka.

Selain itu, Gerakan Pramuka juga telah melakukan adaptasi teknologi dan memberikan pelatihan kepemimpinan kepada generasi muda secara berkelanjutan. Di samping itu mengembangkan program kewirausahaan dalam rangka berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional  dan melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman.

“Kegiatan dan upaya yang telah kita lakukan adalah bagian dari kontribusi Gerakan Pramuka dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing. Karena kami sangat yakin sumber daya manusia yang dipersiapkan Gerakan Pramuka merupakan berjiwa Pancasila,” tuturnya.

Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta Letkol Inf Devy Kristiono dan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta mengikuti Apel Besar Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 Gerakan Pramuka di Kota Yogyakarta. 

Mengingat sumber daya manusia Pramuka dididik dengan fundamental value transformation Gerakan Pramuka, yaitu pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Oleh sebab itu Pramuka akan menjadi aktor penggerak dan pilar kekuatan negara dalam menuju Indonesia Emas pada tahun 2045. NamuTentunya upaya tersebut perlu membangun sinergitas, kolaborasi, dan partnership serta komitmen dengan seluruh pemangku kepentingan terkait.

Dalam Apel Besar Hari Pramuka ke-64 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta dilakukan penyematan penghargaan Lencana Pancawarsa kepada sejumlah anggota Pramuka orang dewasa atas kesetiaan dan pengabdiannya. Apel besar itu juga dimeriahkan dengan penampilan beberapa tarian dari para pelajar di Kota Yogyakarta dan Polisi Cilik Polresta Yogyakarta.(Tri)
 

Penampilan Polisi Cilik Polresta Yogyakarta usai Apel Besar Hari Pramuka ke-64 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta.