Dishub Bersihkan Rambu Lalu-lintas dari Aksi Vandalisme

Gondokusuman-Dalam upaya memastikan kelancaran lalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogya dibantu Perumda BPR Bank Jogja menggelar bersih rambu lalu lintas. Kali ini aksi tersebut dilakukan disepanjang Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Jenderal Sudirman.

Dalam giat ini rambu yang dibersihkan antara lain berupa papan nama jalan, penunjuk arah maupun isyarat lalu lintas. Dengan menggunakan cairan thinner dan kain lap microfiber puluhan petugas ini membersihkan hampir puluhan rambu yang terkena aksi vandalisme di sepanjang jalan tersebut.

Kepala Dishub Kota Yogya, Agus Arief Nugroho mengatakan aksi bersih rambu tersebut juga dalam rangka menyemarakkan Hari Perhubungan Nasional. 

"Namun petugas kami juga rutin melakukan perawatan rambu lalu lintas di sepanjang jalan Kota Yogya. Pembersihan rambu lalu lintas ini adalah komitmen kami dalam memastikan keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas di Kota Yogya," jelasnya di lokasi, Jumat (6/9/2024).

Agus berharap dengan kolaborasi tersebut dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga infrastruktur lalu lintas dan lingkungan sekitarnya agar tetap bersih dan terawat dengan baik.

Petugas Dishub Koya Yogya saat membersihkan rambu lalulintas.

Menurutnya dengan semakin banyak masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap rambu lalu lintas maka ketertiban dan keselamatan berkendara dapat ditingkatkan.

"Rambu yang tidak terbaca dan dipahami dengan baik dapat memicu terjadinya kecelakaan," jelasnya.

Selain membersihkan rambu lalu lintas, dalam giat tersebut juga dilakukan bakti sosial (baksos) dengan membagikan ratusan nasi kotak kepada para pengemudi/tukang becak dan juru parkir (jukir) di sepanjang jalan tersebut.

Pembagian nasi kotak kepada para pengayuh becak.

Sementara itu Kepala Cabang Gedongkuning Perumda BPR Bank Jogja, Isa Wahyudi mengaku siap untuk berkolaborasi dengan Dishub Kota Yogya. "Ini juga bentuk komitmen kami kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kota Yogya," bebenya.

Isa berharap dengan adanya baksos tersebut dapat meringankan beban bagi para tukang becak dan para jukir yang berada di area tersebut. (Han)