Penguatan Budaya Kinerja Diharapkan Meningkatkan Penilaian Sakip

 

Gondokusuman - Pemerintah Kota Yogyakarta berkomitmen meningkatkan Sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP). Salah satu upaya yang dilaksanakan dengan acara Workshop Sakip dengan tema Penguatan Budaya Kinerja bagi seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta di Hotel Kimaya, Selasa (!0/9).

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto menyampaikan perlu ada penguatan mindset bagi Kepala Perangkat Daerah dan atau Unit Kerja, yang nantinya dapat disalurkan kepada seluruh ASN di bawahnya, sebuah mindset kinerja berorientasi pelayanan. Bukan hanya sekedar berlomba-lomba banyaknya kegiatan.

 

“Kalau dahulu yang terpenting seluruh indikator terlaksana dan anggarannya terserap semua, Sekarang tidak hanya sekadar itu, namun indikator outputnya seberapa pemahaman dan manfaat apa yang dapat diambil dari pelaksanaanya. Yang pasti dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi terukur dengan baik, efektif, efisien dan akuntabel,” ujarnya.

 

Sugeng menegaskan Penguatan budaya kinerja diharapkan dapat menguatkan penyelenggaraan SAKIP yang sudah membudaya dari proses perencanaan, pengukuran, pelaporan, dan evaluasi kinerja internal di Pemerintah Kota Yogyakarta. Upaya peningkatan kinerja Sakip dapat tercermin dari budaya kerja semua pimpinan, unsur organisasi perangkat daerah sampai pelaksana yang terlibat seluruh manajemen kinerja.

 

Peserta workshop Sakip 

 

“Kinerja Sakip Pemkot Yogyakarta selama lima tahun ini mendapatkan anugerah A. Harapannya setelah ini akan meraih AA, jangan sampai B. Minimal A gemuk, nilai A tapi tetap ada peningkatan nilainya. Ini harapan kami,” kata Sugeng. 

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan bertepatan dengan momentum penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD Tahun 2025 – 2029 dan Rencana Strategis Perangkat Daerah Tahun 2025 – 2029. Nantinya Proses Bisnis dan Pohon Kinerja yang disusun benar-benar dipahami oleh pimpinan di organisasi perangkat daerah masing-masing.

 

“Proses bisnis dan pohon kinerja yang disusun diharapkan akan juga mewarnai pembentukan kelembagaan perangkat daerah yang memenuhi kebutuhan pencapaian target kinerja pembangunan Pemerintah Kota Yogyakarta. Selanjutnya diturunkan sampai dengan sasaran kinerja pegawai,” tuturnya.

 

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya memberikan arahan 

 

Penguatan budaya kinerja  di lingkungan organisasi perangkat daerah lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, Aman berharap dapat menjadi strategi dalam menyempurnakan Sakip Pemerintah Kota Yogyakarta

 

“Pada ujungnya, jika semua telah baik maka pelayanan Pemerintah Kota Yogyakarta akan semakin baik juga dalam memberikan pelayanan ke masyarakat,” tambahnya. (Chi)