Toko Modern Bantu Promosikan Produk UMKM Kota Yogya

UMBULHARJO - Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani dan Pimpinan Cabang Alfamart Klaten, Sudarman melaunching kemitraan produk UMKM Yogyakarta yang berada di Alfamart Ki Ageng Pemanahan, Kamis (11/9).

Kegiatan ini sebagai wujud kolaborasi pemerintah dan pelaku usaha dengan toko retail modern seperti Alfamart dalam mendukung produk lokal yaitu UMKM Kota Yogyakarta semakin maju dan mampu bersaing dengan toko modern lainnya. Nantinya, produk olahan UMKM akan tersebar di 45 Alfamart yang ada di Kota Yogyakarta.

“Launching produk UMKM yang bekerjasama dengan pelaku usaha ini menjadi sangat penting. Dimana pemerintah hadir melalui Dinas Perdagangan untuk membantu memasarkan produk lokal Kota Yogyakarta,”jelas Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto saat diwawancarai.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto saat memberikan sambutan.

Menurutnya, kolaborasi ini sangat membantu UMKM dalam memasarkan produk mereka. Karena keterbatasan yang mereka miliki. Sehingga dengan menjadi mitra toko modern, harapannya para UMKM lebih dikenal dan dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Semoga produk UMKM ini terus berkembang ke pemasaran lebih luas. Bahkan pemasarannya dapat lebih maju melalui online,"katanya.

Pihaknya berharap, kolaborasi ini akan terus dilakukan dengan mengedepankan kualitas, kuantitas dan continuity yang ada dalam produk UMKM. “Produk UMKM ini harus konsekuen dan konsisten serta saling memberikan manfaat antara UMKM dan ritel modern. Sehingga terjalin simbiosis mutualisme,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani mengungkapkan, terdapat delapan produk UMKM yang telah terkurasi dari 39 produk lokal di Kota Yogyakarta yang lolos dalam standar kualitas produk Alfamart.

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani dan Pimpinan Cabang Alfamart Klaten, Sudarman saat berbelanja produk UMKM Kota Yogyakarta di Alfamart Ki Ageng Pemanahan, Kamis (11/9).

Beberapa produk lokal diantaranya Arva Mozzarella Cheese Crispy Tempe, D’ast Keripik Kulit Ikan Kakap, Thress Manggleng Original, Tau Iki Ora Keripik Rumput Laut, Icipono Stick Keju, Only One Keripik Pisang Sale, Arista Snack Emping, serta Yoga Djaya Wedang Secang.

“Semoga kemitraan ini akan terus berlanjut dan membentuk kemandirian UMKM. Semoga, UMKM terus berkembang dan tumbuh serta kami berterima kasih kepada PT. Sumber Afaria Trijaya Tbk yang sudah memberikan kontribusinya. Sehingga kolaborasi ini terus berjalan dan produk UMKM laris di pasaran,”ungkapnya.

Selanjutnya, Pimpinan Cabang Alfamart Klaten, Sudarman mengucapkan, terima kasih dan akan terus mendukung produk-produk UMKM lokal yang ada di Kota Yogyakarta.

“Kami akan terus mendukung dan membantu mengembangkan produk UMKM Kota Yogyakarta. Dimana ini merupakan bagian komitmen dan visi Alfamart bersama masyarakat dalam orientasi untuk pemberdayaan produk lokal sehingga bisa bersaing dengan produk lainnya,”ujarnya.

Produk-produk UMKM yang telah terkurasi dan menjadi bagian dari mitra toko modern Alfamart Yogyakarta.

Saat ditemui, salah satu UMKM Kota Yogyakarta sekaligus Owner dari produk 'Tau Iki Ora Keripik Rumput Laut', Yuwono mengungkapkan, rasa senang dan bangga bisa menjadi bagian dari produk UMKM di minimarket Alfamart Yogyakarta.

“Senang dan bangga, karena ritel Alfamart menjadi salah satu retail Nasional dan bagi saya produk kami tidak kalah dengan produk lain dan bisa maju ke ranah yang lebih tinggi

Pihaknya pun berterima kasih kepada pemerintah dalam memberikan peluang bagi para pelaku UMKM untuk dapat mendistribusikan produk mereka yang sudah terlegalitas lengkap seperti memiliki legalitas Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan produknya pun halal serta desain yang dapat menarik konsumen. 

“Saya berharap, dengan kegiatan ini akan semakin memacu teman lain. Jika, produk UMKM kita melakukan pembuatan produk yang bagus dan lengkap dalam legalitasnya akan ada banyak pihak lain yang mensupport. Pasti ada celah untuk melangkah lebih maju lagi,”katanya. (Hes)