Pelatihan Pembuatan Hantaran Tingkatkan Pendapatan Keluarga

UMBULHARJO - Perempuan memiliki peranan penting dalam keluarga. Salah satunya mampu meningkatkan peluang ekonomi dan sosial. 

Untuk itu, dalam rangka memberdayakan wanita khususnya di Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bersama Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Yogyakarta menyelenggarakan ‘Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan’ pada tanggal 12, 13 dan 20 September 2024 di Ruang Kunthi, Gedung PKK, Komplek Balaikota Yogyakarta.

Pj Ketua GOW Kota Yogyakarta Sugiharti Mulya Handayani mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari 27 organisasi perempuan yang ada di Kota Yogyakarta. 

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari 27 organisasi wanita yang ada di Kota Yogyakarta. 

Dimana pelatihan yang diselenggarakan oleh GOW mengangkat tentang pelatihan membuat seserahan atau hantaran pernikahan seperti membuat keterampilan sanggan pisang, wajik, buket bunga dan lain sebagainya.

“Selama ini pemberdayaan perempuan diisi dengan ilmu tanpa praktis. Sehingga akan lebih baik langsung mempraktekkan tidak hanya sekedar ilmu,”jelas Sugiharti Mulya Handayani saat diwawancarai, Jumat (12/9).

Selain dapat menambah keterampilan dan mengetahui makna serta filosofi di balik simbol benda-benda seserahan, pelatihan yang diberikan itu dapat digunakan sebagai peningkatan pendapatan keluarga.

“Kegiatan ini kebanyakan diikuti dari para pelaku ekonomi yang mana mereka belum memiliki pekerjaan. Sehingga harapan kedepannya, ini bisa menjadi salah satu alternatif keterampilan mereka yang dapat menambah pendapatan keluarga,”ungkapnya.

Peserta terlihat secara rapih menghiasi hantaran wajik pada pelatihan tersebut.

Tambahnya, kegiatan ini nantinya menjadi acuan dalam penyelenggaraan lomba Hari Ulang Tahun GOW pada bulan Desember 2024.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta Retnaningtyas mengungkapkan, pelatihan ini merupakan langkah strategis untuk mendukung perempuan dalam mengembangkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja saat ini.

“Semoga perempuan ini dapat berdaya saing dan bisa bermanfaat bukan hanya untuk dirinya, keluarga namun lingkungan sekitar. Karena hantaran ini banyak sekali dibutuhkan dalam acara-acara besar,”ujarnya.

Salah satu peserta, yang juga merupakan Anggota Persatuan Wanita Kristen Indonesia, Widyaningsih mengungkapkan, antusias dan bersyukur menjadi bagian pelatihan yang diselenggarakan oleh GOW Kota Yogyakarta.

Pj Ketua GOW Kota Yogyakarta Sugiharti Mulya Handayani saat membimbing secara langsung dalam pelatihan tersebut.

“Saya sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini. Dengan keterampilan yang saya pelajari, saya berharap bisa memulai usaha kecil di rumah dan membantu keluarga saya secara finansial,”katanya.

Pihaknya berharap, ke depannya program GOW ini akan menambah pelatihan-pelatihan lainnya. “Semoga kegiatan ini akan dilakukan di kemudian hari dan mengajak mereka para ibu rumah tangga yang belum memiliki keterampilan bergabung dan berlatih bersama,”imbuhnya. (Hes)