Yogya Siap Jadi Tuan Rumah Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia 2025

BANJARMASIN - Kota Yogyakarta resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Rakernas XI Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) tahun 2025. Penunjukan ini ditandai dengan serah terima Pataka Pusaka dari Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, kepada PJ Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto dalam acara Carnaval Budaya Nusantara di Balai Kota Banjarmasin, Jumat malam (20/9).

Karnaval budaya diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia, menempuh rute 1,6 km dari Siring Patung Bekantan hingga Balai Kota Banjarmasin. Setiap kontingen tampil dalam pakaian adat khas daerah masing-masing, menampilkan beragam seni dan budaya di garis akhir. Kontingen Kota Yogyakarta menyuguhkan pentas seni tari yang diakhiri dengan kolaborasi apik antara penari dari Kota Banjarmasin dan Kota Yogyakarta. Rombongan karnaval Kota Yogyakarta terdiri dari para Kepala Perangkat Daerah berbusana Pengageng/Bupati, 12 bregada kakung, 5 bregadaa putri, 15 peserta dari Dinas Kebudayaan, serta puluhan seniman.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menyampaikan ucapan selamat kepada Kota Yogyakarta yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah Rakernas XI JKPI 2025. 

"Selamat kepada Kota Yogyakarta atas penunjukan sebagai tuan rumah Rakernas JKPI 2025. Saya yakin Kota Yogyakarta akan menjadi tuan rumah yang luar biasa, sehingga pelaksaan Rakernas JKPI 2025 nanti akan mampu memperkuat hubungan antar kota pusaka di Indonesia." ujar Ibnu.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh presidium dan anggota JKPI atas kepercayaan yang diberikan kepada Kota Yogyakarta. Sugeng menegaskan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta akan mempersiapkan Rakernas XI JKPI 2025 dengan maksimal.

"Kami mohon dan tunggu kehadiran bapak/ibu sekalian, baik dari kota maupun kabupaten untuk datang ke Kota Yogyakarta.", ujarnya.

PJ Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto menyaksikan gelaran seni budaya bersama Kepala Daerah lainnya
PJ Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto menyaksikan gelaran seni budaya bersama Kepala Daerah lainnya

Dalam wawancara terpisah Sugeng mengatakan, pelaksanaan Rakernas XI JKPI 2025 di Kota Yogyakarya akan menguntungkan khususnya dari sisi ekonomi dan kepariwisataan. Untuk itu dirinya mengajak seluruh masyarakat Kota Yogyakarta untuk menyambut delegasi dengan hangat dan memanfaatkan momentum ini sebagai dorongan bagi pariwisata serta pelestarian budaya.

"Alhamdulillah pelaksanaan di Banjarmasin sangat luar biasa. Wali Kota Banjarmasin beserta jajarannya bisa mengemas dengan baik sehingga terbangun keakraban dan kebersamaan melalui kolaborasi pentas pertunjukan antara Kota Yogyakarta dan Kota Banjarmasin. Kebersamaan ini harus kita ciptakan ulang pada saat pelaksanaan JKPI di Kota Yogyakarta.", tambahnya.

Penampilan Seniman Kota Yogyakarta dalam Karnaval Budaya Nasional
Penampilan Seniman Kota Yogyakarta dalam Karnaval Budaya Nasional

Pelaksanaan Rakernas XI JKPI rencananya akan dilaksanakan di Kota Yogyakarta pada 6-10 Agustus 2025 mendatang. Pada kegiatan ini akan dioptimalkan potensi di empat Kawasan Cagar Budaya, yakni Kawasan Cagar Budaya Kotagede, Kawasan Cagar Budaya Kraton, Kawasan Cagar Budaya Pakualaman, dan Kawasan Cagar Budaya Kotabaru yang akan digunakan sebagai venue maupun  aktivitas kegiatan.

Penampilan Seniman Kota Yogyakarta dalam Karnaval Budaya Nasional
Penampilan Seniman Kota Yogyakarta dalam penutupan Karnaval Budaya Nasional

Selain empat Kawasan Cagar Budaya tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti menuturkan, pada penyelenggaraan Rakernas JKPI XI Tahun 2025 para peserta delegasi akan diajak mengeksplorasi dan memahami bagaimana sumbu filosofis bisa ditetapkan sebagai warisan budaya dunia tak benda.

"Kita akan mempersiapkan sebaik-baiknya untuk acara maupun program yang sudah menjadi hal utama dari pelaksanaan Rakernas JKPI. Nanti kita juga akan ada kegiatan pendukung yang akan kita balut dalam kemasan yang berbeda sesuai budaya Kota Yogyakarta sehingga akan memperkaya kegiatan Rakernas JKPI itu sendiri.", ujarnya
 

Foto Bersama Delegasi Kota Yogyakarta
Foto Bersama Delegasi Kota Yogyakarta

Dengan disuguhkannya potensi budaya pada pelaksanaan Rakernas JKPI 2025 di Kota Yogyakarya, Yetti berharap dapat menjadi salah satu daya tarik pariwisata sehingga meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan dan delegasi Rakernas XI JKPI 2025. (alr)