Peringatan Harhubnas, Tingkatkan Layanan dengan Sistem Transportasi Cerdas

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2024. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto.

Dalam amanatnya, Sugeng menyampaikan agar peringatan tersebut dapat dimaknai sebagai momentum untuk melakukan refleksi terhadap bakti dan karya yang sudah diberikan di bidang transportasi.

"Sesuai dengan tema peringatan Harhubnas tahun ini yakni Tranportasi Maju, Nusantara Baru," katanya di Lapangan Balai Kota Yogya, Senin(23/9/2024).

Pada kesempatan tersebut Sugeng menegaskan bahwa Pemkot Yogya akan terus berkomitmen penuh untuk meningkatkan pelayanan di bidang transportasi.

"Bukti dari komitmen ini adalah beberapa waktu lalu Kota Yogya meraih Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2024. Penghargaan tersebut diperoleh berdasarkan hasil penilaian terhadap kinerja lima bidang yakni lalu lintas, angkutan umum, sarana transportasi darat, prasarana transportasi darat dan bidang umum," jelasnya.

Pihaknya pun sangat mengapresiasi kepada seluruh karyawan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogya yang telah bekerja keras mendedikasikan waktu dan tenaga demi memberikan layanan yang optimal di bidang transportasi kepada masyarakat.

Sugeng berharap komitmen tersebut dapat diteruskan secara berkelanjutan dengan penuh integritas.

Pemkot Yogya saat menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2024.

Senada dikatakan Kepala Dishub Kota Yogya, Agus Arif Nugroho. Pihaknya menuturkan akan terus berkomitmen meningkatkan layanam transportasi di Kota Yogya. Di Kota Yogya sendiri, tambahnya, digitalisasi sektor transportasi juga telah diterapkan.

"Kota Yogya telah memiliki teknologi Area Traffic Control System (ATCS) yakni sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan, melalui optimalisasi dan koordinasi manajemen lampu lalu lintas (APILL) di setiap persimpangan," bebernya.

Selain itu juga telah dilengkapi dengan sistem transportasi cerdas berbasis LoT atau Internet of Things dengan kamera analytic, kerjasama pemanfaatan CCTV untuk tilang elektronik, serta manajemen rekayasa lalu lintas sistem giratori yang terbukti efektif dalam meminimalisir kemacetan lalu lintas.

"Ini bukti komitmen kami dalam meningkatkan layanan di bidang transportasi kepada masyarakat," ujarnya. (Han)