Pemkot Imbau Warga Gunakan Hak Suara di Pilwalkot 2024

Tegalrejo-Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto menghadiri acara pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogya Pilwalkot 2024 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogya.

Dalam acara tersebut satu per satu paslon kandidat mengambil nomor berdasar yang lebih dulu mendaftarkan diri ke KPU Kota Yogya.

Dari hasil pengundian tersebut, Heroe-Pena mendapat nomor urut satu. Hasto-Wawan mendapatkan nomor urut dua. Sedangkan Afnan-Singgih dapat nomor urut tiga.

Pada kesempatan itu Sugeng Purwanto memgimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menghindari pose jari tertentu saat berfoto bersama, terlebih saat tahapan Pilkada 2024 sudah memasuki tahapan kampanye.

"Harus dihindari berpose jari tertentu. Apapun jabatannya, kedudukannya, apapun lembaganya ASN harus netral," tegasnya Senin malam (23/9/2024) di halaman kantor KPU Kota Yogya.

Menurutnya netralitas ASN merupakan salah satu faktor kunci dalam menciptakan suasana Pilwalkot yang aman, lancar, dan tertib. Sugeng pun berharap tidak ada ASN Pemkot Yogya yang terlibat dalam kegiatan politik praktis, terutama kampanye.

"Kepentingan kita adalah pelayanan kepada masyarakat. Tetap kerja, kerja, kerja untuk masyarakat," tegasnya.

Ketiga pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogya Pilwalkot 2024 usai melakukan pengundian nomor urut .

Sementara untuk masyarakat Kota Yogya, Sugeng meminta agar mereka dapat menggunakan hak suaranya.

"Pilwalkot merupakan momentum untuk memilih pemimpin Kota Yogya selama 5 tahun ke depan. Untuk itu, momentum ini harus dimaksimalkan," katanya.

Sementara itu Ketua KPU Kota Yogya, Noor Harsya Aryo Samudro, menjelaskan rapat pleno pengundian nomor urut paslon kontestan merupakan bagian dari tahapan Pilwalkot Yogya 2024.

"Rapat pleno ini merupakan kegiatan bagian dari tahapan Pilwalkot Yogya 2024, yaitu pengambilan nomor urut dan penetapan nomor urut," ujarnya. (Han)