Kemenparekraf Tetapkan Yogya Sebagai Kota Kreatif 2024

Depok-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia menetapkan Kota Yogya sebagai Kota Kreatif 2024 dengan sub sektor seni rupa. Surat Keputusan dan Plakat tersebut diserahkan oleh Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno kepada Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto dalam acara International Creative Industry Conference and Festival (ICFest).

Pada kesempatan tersebut Menparekraf menjelaskan Kabupaten/Kota (KaTa)  Kreatif Indonesia merupakan program unggulan Kemenparekraf. Adapun tujuannya adalah untuk menggali, memanfaatkan, dan menumbuh kembangkan ekonomi kreatif unggulan daerah.

"Serta membangun kesadaran dan membangun komitmen seluruh pemangku kepentingan. Sehingga tercipta ekosistem pengembangan kabupaten kota kreatif yang kondusif tidak hanya untuk daerahnya itu sendiri tapi juga berkontribusi bagi pembangunan ekonomi kreatif nasional," ucapnya di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas UGM, Kamis (26/9/2024).

Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto usai menerima penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Ind​​​​​onesia 

Terkait Kota Yogya ditetapkan sebagai Kota Kreatif lantaran kota ini memiliki potensi besar di bidang ekonomi kreatif dan kebudayaan.

Sandiaga berharap dengan penghargaan tersebut Kota Yogya dapat lebih banyak melahirkan seniman-seniman dari berbagai sektor budaya.

"Dengan ini saya harapankan nantinya Kota Yogya bisa naik kelas menjadi bagian dari Unesco Creative Ceties Network (UCCN),” ujar Sandiaga.

Ditemui usai menerima penghargaan, Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto mengatakan penetapan Kota Yogya sebagai Kota Kreatif tidak lepas dari peran dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat.

"Ini tak lepas dari peran dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat. Kota Yogya ini kota budaya, banyak seniman dan anak muda yang kreatif ada disini. Ini menjadi faktor penentu hal tersebut," katanya.

Meski Kota Yogya ditetapkan sebagai Kota Kreatif sub sektor seni rupa, namun Sugeng berkomitmen subsektor lainnya juga tetap menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya karena memiliki keterkaitan yang sangat erat.

"Penghargaan ini dapat menjadi semangat bagi Pemkot Yogya untuk terus berinovasi dalam memajukan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata demi kesejahteraan masyarakat Kota Yogya," katanya.

Sugeng berharap setelah ditetapkannya Kota Yogya sebagai Kota Kreatif semakin banyak acara kesenian yang digelar di Kota Yogya.

"Namun ini memerlukan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan produktivitas tersebut. Dengan demikian, ekosistem ekonomi kreatif lainnya juga akan turut berkembang," ujarnya. (Han)