Pasar Prawirotaman Juara 1 Lomba Pasar Tingkat Nasional 2024

Mergangsan – Pasar Prawirotaman berhasil menjadi pasar terbaik dalam Lomba Pasar Nasional 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam rangka Hari Habitat dan Hari Kota Dunia.

Lomba Pasar Nasional 2024 diikuti oleh 26 pasar yang telah direvitalisasi di Indonesia sejak 2018-2023. Pasar Prawirotaman Kota Yogyakarta menjadi peringkat terbaik pertama disusul Kota Batu Jawa Timur pada peringkat kedua dan Kabupaten Gianyar Bali peringkat ketiga.

Penjabat Wali Kota Sugeng Purwanto menyatakan, dengan diraihnya prestasi tesebut menjadi salah satu bukti pengeloaan pasar yang berjalan dengan optimal. Khususnya dalam memberikan layanan serta fasilitasi kepada para pedagang dan masyarakat.

“Poin utama dari setiap penghargaan maupun prestasi itu adalah bagaimana bisa mepertahankan dan terus meningkatkan pelayanan terbaik, yang saling menguntungkan bagi para pedagang dan masyarakat atau konsumen. Dengan terciptanya iklim usaha yang sehat, layanan konsumen yang aman, nyaman dan harga terjangkau,” ujarnya saat ditemui pada Senin (14/10) di Pasar Prawirotaman.

Pihaknya berharap ke depan pasar rakyat lain di Kota Yogya juga bisa seperti Pasar Prawirotaman, yang dikelola dan dikondisikan dengan optimal. Dengan semangat untuk meningkatkan prestasi dan terus menciptakan inovasi padar yang tiada henti.

Penyerahan Piala Penghargaan Lomba Pasar Nasional 2024 dari Dinas Perdagangan kepada Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto. 

Sejalan dengan itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani menjelaskan terdapat dua tahap penilaian dalam Lomba Pasar Nasional 2024. Di mana telah terpilih 5 pasar terbaik dari 26 pasar yang dinilai, kemudian dilakukan presentasi oleh kelima pasar tersebut dan Pasar Prawirotaman berhasil menempati peringkat pertama.
 
“Ada banyak aspek penilaian mulai dari sisi inovasi, penghargaan, peran komunitas dan aktivitas penyelenggaraan event di dalam pasar. Kemudian terkait kemitraan dengan pemangku kepentingan, digitalisasi pasar rakyat, pemeliharaan sarana prasarana, hingga pengelolaan sampah,” jelasnya.

Ambar menuturkan Pasar Prawirotaman tidak hanya sekadar menjadi tempat bertemu dan terjadinya transaksi antara pedagang dan pembeli. Tapi terdapat juga berbagai aktivitas yang bisa dilakukan khususnya di lantai 4. Dengan ketersediaan fasilitas co-working space, studio musik, studio siniar, ruang kesehatan, ruang rapat, mini-lounge, hingga ruang ekonomi kreatif dan food court. Ditambah sudah mengantongi sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) di tahun 2022. (Jul)

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto saat meninjau Lantai 4 Pasar Prawirotaman.