Peringatan Hari Santri Ajak Peduli Sampah dan Lingkungan

Umbulharjo-Dalam menyambut Hari Santri Nasional tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogya akan menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya adalah reresik di enam Pondok Pesantren (Ponpes).

Kepala Kantor Kemenag Kota Yogya, Nadhif mengatakan acara ini akan digelar pada tanggal 18 Oktober 2024 dan akan dimulai pukul 07:30 WIB. Reresik ponpes ini akan dipusatkan di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Mergangsan.

"Ponpes lainnya adalah Ponpes Diponegoro, Ponpes Abu Bakar Ash Siddiq, Ponpes Aluqmaniyah, Ponpes Nurul Ummah Putri, dan Ponpes Muhammadiyah Al Amin," katanya saat temu media di Ruang Yudistira, Selasa (15/10/2024).

Dalam acara tersebut, lanjutnya, juga akan diluncurkan Santri Kota Peduli Sampah, Mampu dan Terlatih yang disingkat Si Kopiah Putih. "Ini sebagai bentuk komitmen para santri untuk turut menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Yogya," imbuhnya.

Nadhif mengungkapkan bahwa pesantren bukan hanya tempat belajar agama, melainkan juga sebagai tempat membentuk karakter generasi muda. 

"Santriwan dan santriwati ini adalah aset berharga, jadi harus kita berikan pendidikan dengan benar. Salah satu contohnya adalah bagaimana cara mengolah sampah dengan baik," katanya.

Dalam pengolahan sampah ini, pihaknya juga akan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya untuk memberikan sosialisasi dam penyuluhan tentang pengolahan sampah. "Nanti juga akan diberikan bantuan biopori dari DLH Kota Yogya," katanya.

Kemudian pada tanggal 22 Oktober 2024 akan digelar Upacara Hari Santri di Balaikota Yogya yang akan mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Yogya dan seluruh santri yang ada di Kota Yogya.

"Upacara ini merupakan puncak acara Hari Santri. Kami memiliki 36 ponpes dan 7400 santri," terangnya.

Sementara itu Wakil Ketua II Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Yogya, Abdul Samik mengatakan bahwa pihaknya akan turut berkontribusi dalam kegiatan tersebut.

"Baznas Kota Yogya akan mengirimkan relawan dalam giat reresik ponpes ini," katanya.

Tak sampai disitu, Baznas Kota Yogya juga akan memberikan bantuan tempat sampah tiga warga yang dapat dimanfaatkan untuk pemilahan sampah di tiap-tiap ponpes.

"Semoga dengan ini para santri dapat melakukan pemilahan sampah secara mandiri," jelasnya. (Han)