Masuk Triwulan Akhir, Pemkot Yogya Kejar Target Kegiatan

UMBULHARJO- Pemerintah Kota Yogyakarta mendorong Perangkat Daerah (PD) untuk  mengejar target program dan kegiatan masing-masing. Mengingat kini sudah memasuki triwulan akhir tahun 2024 sehingga harus dilakukan percepatan program kegiatan agar selesai sebelum akhir tahun. Diharapkan komitmen dari semua PD untuk melaksanakan program kegiatan itu.
Menurut Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto dalam situasi keterbatasan dan menjaga marwah jelang Pilkada ada hal-hal yang terkadang para ASN harus hati-hati karena menyangkut aktualisasi dan implementasi pelaksanaan kegiatan. Namun demikian hal itu tidak berati mengganggu pelaksanaan program kegiatan Pemkot Yogyakarta untuk masyarakat dan harus diselesaikan sebelum akhir tahun.
"Tapi apapun itu nderek nyuwun tulung (minta tolong), ini sudah bulan Oktober, November, Desember. Artinya sudah memasuki triwulan terakhir. Kita mengejar target karena  biasanya nanti 15 Desember semua administrasi harus sudah selesai," kata Sugeng saat memimpin apel di Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta beberapa waktu lalu.
Sugeng menyatakan dalam masa kampanye pilkada tentu ada  penyesuaian-penyesuaian sebagian program kegiatan pemerintah di masyarakat. Hal itu untuk menghormati masa kampanye pilkada. Namun setelah 27 November 2024 hari pemugutan suara Pilkada, harus dilakukan percepatan pelaksanaan program kegiatan Pemkot Yogyakarta di masyarakat. Pasalnya sisa waktu mendekati akhir tahun  dan proses administrasi di pemerintahan harus selesai di pertengahan Desember.
"Mohon setelah  27 november untuk  akselerasinya dipercepat . Nyuwun tulung kalau perlu sebelum kegiatan dimulai , sudah disiapkan. Untuk itu saya harapkan komitmennya melaksanakan kegiatan masing-masing," harap Sugeng.
Secara terpisah saat dikonfirmasi pada Rabu(23/10/2024) Pelaksana Tugas Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Pemkot Yogyakarta Ristyawati menyebut sampai triwulan ketiga atau September 2024 capaian kinerja fisik Pemkot Yogyakarta mencapai 79,78 persen. Sedangkan capaian kinerja keuangan Pemkot Yogyakarta sebanyak 66,03 persen.

Pembangunan Grha Budaya di Taman Budaya Embung Giwangan masih berlangsung dan menjadi salah satu paket strategis Pemkot Yogyakarta. (Foto diambil akhir September 2024)

Pemkot Yogyakarta telah menetapkan 10 paket strategis pembangunan pada tahun 2024. Sebanyak 5 paket strategis itu diampu Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta.  Kelima paket tersebut kini masih dalam proses pembangunan.
Kepala Dinas PUPKP Kota Yogyakarta Umi Akhsanti menjelaskan realisasi fisik kegiatan Dinas PUPKP Kota Yogyakarta secara keseluruhan sampai triwulan ketiga 2024 sebesar 55,8 persen. Sementara perkembangan realisasi 5 paket strategis Pemkot Yogyakarta yang ditangani Dinas PUPKP Kota Yogyakarta meliputi pembangunan saluran air hujan di RW 13 Giwangan progresnya 72 persen dan pembangunan gedung SMPN 10 progres 45 persen. 
Untuk penataan permukiman kumuh Kelurahan Terban RT 02 RW 1, progresnya 52 persen, pemeliharaan berkala Jalan Gedongkuning progres 98 persen dan  pembangunan gedung Taman Budaya Embung Giwangan tahap II progres 45 persen.
"Secara waktu masih aman sampai dengan pertengahan Desember. Tapi kami minta (yang progres di bawah 50 persen) pelaksana atau kontraktor melakukan percepatan dengan menambah tenaga di lapangan dan lembur," tandas Umi.(Tri)