Menghadapi tantangan masa depan, UPIK harus berbenah

Pemkot Yogya menerima tamu dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) terkait hasil penilaian United Nation Public Service Award (UNPSA) 2014 Jum’at (16/5). Dalam acara ini Pemkot Yogya diwakili oleh Kabag Humas dan Informasi Ignatius Trihastono SSos sekaligus menjadi moderator tanya jawab antara Kemenpan dan RB dan SKPD Pemkot Yogya. Dikemukakan oleh Kemenpan dan RB, “Tantangan di masa datang akan lebih besar, saya ingin UPIK lebih berbenah diri karena perkembangan teknologi sudah lebih baik serta menghadapi harapan masyarakat akan UPIK sendiri”.katanya.

Sementara itu, menurut Kabag Humas dan Informasi, UPIK Pemkot telah mencapai tingkat tertentu dimana masyarakat sudah dapat langsung menyampaikan keluhan ke Pemkot. Namun yang patut menjadi evaluasi adalah UPIK tidak masuk 3 besar penghargaan UNPSA 2014. “UPIK Pemkot Yogya bersama 4 peserta lainnya dari Indonesia tidak masuk terbaik maupun tiga besar penghargaan UNPSA 2014, sehingga untuk kedepannya harus dilakukan evaluasi dan perbaikan supaya layanan UPIK dapat lebih optimal kepada masyarakat” ungkap Ignatius Trihastono. Hadir dalam acara tersebut M. Rifki dalam kapasitas sebagai wakil dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan Yogyakarta. “Ombudsman memberikan apresiasi layanan UPIK ini karena salah satunya masyarakat dapat menuju sasaran ke bagian yang dimaksud” kata Rifki. Di masa datang diharapkan UPIK yang merupakan ikon Pemkot Yogyakarta dapat menjadi garis terdepan pelayanan kehumasan. (mfd)