MenPan RB Mengapresiasi Pelayanan Pemerintah Kota Yogyakarta

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Yuddy Chrisnandi mengapresiasi kinerja pelayanan Dinas Perizinan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta yang dinilai sudah sangat optimal kepada masyarakat.

"inovasi pelayanan publik di Dinas Perizinan Kota Yogya sangat baik, pegawai yang mempuni, pelayanan yang cepat, kebersihan yang terjaga, pegawai yang ramah, masyarakat yang datangpun tampak ceria," ujarnya di lokasi, Rabu (26/8).

Menurutnya, hal tersebut menandakan pelayanan publik di Dinas Perizinan Kota Yogya sudah sangat optimal dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. "Untuk itu upaya pelayanan ini diharapkan terus dipertahankan," tandasnya.

Yuddy juga sempat berbincang-bincang dengan petugas pelayanan untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan bagi masyarakat yang akan mengurus izin, mulai dari pendaftaran hingga berapa lama proses izin selesai.

Ia menekankan pentingnya pelayanan publik secara "online" karena dapat memberi ruang kepada masyarakat untuk menilai kepuasan pelayanan yang diberikan setiap instansi di Pemkot Yogya. 

"Pelayanan secara `online` ini sangat penting untuk mempersingkat waktu dan meningkatkan pelayanan itu sendiri," ujarnya.

Dalam kunjungannya MenPAN RB disambut oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Sekda Kota Yogya, Titik Sulastri, Kepala Dinas Perizinan Heri Karyawan serta Instansi terkait.

Ia mengakui kunjungannya ke Pemkot Yogya tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagai wujud implementasi tanggungjawab kementerian untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dari instansi pemerintah.

"Berada di lapangan maka kita akan lebih mengenal masalah di lingkungan serta melihat secara langsung apa yang terjadi di masyarakat, sehingga kita punya inspirasi untuk menyelesaikan persoalan itu dengan cepat," katanya.

Ia pun tak lupa mengingatkan agar para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Yogya serius memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Karena semua fasilitas yang digunakan para PNS merupakan faslitas dari rakyat, untuk itu para pegawai di lingkungan pemerintahan diharapkan bisa memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya” tegasnya.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan upaya mewujudkan reformasi birokrasi salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan prima kepada masyarakat.

“Perizinan yang cepat dan efisien, merupakan salah satu program prioritas Pemkot Yogya” katanya

Walikota menyatakan akan terus berusaha memperbaiki kinerja di lingkungan Pemkot Yogya demi memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. (Han)