Dinsosnakertrans Gelar Lomba Karang Taruna Berprestasi

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogya  menggelar ajang Karang Taruna (KT) Berprestasi Tingkat Kota 2016.

Lomba ini diperuntukkan bagi seluruh pengurus Karang Taruna tingkat Kelurahan sebagai bentuk penghargaan Pemerintah Kota (Pemkot) kepada masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Selain itu, agar terbina dan terjalinnya peningkatan kerja sama atau kemitraan antarpelaku penyelenggara kesejahteraan sosial di Kota Yogya.

Kepala Dinsosnakertrans Kota Yogya, Hadi Mochtar mengatakan Karang Taruna merupakan salah satu bagian dari Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang sangat diandalkan sebagai mitra kerja pemerintah yang gigih melaksanakan bakti sosial dalam pencegahan dan pengentasan masalah kesejahteraan sosial yang ada di masyarakat.

Ia menjelaskan dalam penjurian ada beberapa hal yang dinilai seperti keterpaduan dalam pelaksanaan program, meningkatkan kepedulian, jejaring kerja sama/kemitraan, dukungan dunia usaha, dukungan masyarakat, dan pemerintah.

“45 Karang Taruna Kelurahan se Kota Yogya membuat dan mengumpulkan karya tulis berisi perencanaan problem solving di bidang UEP sebanyak 10 halaman dengan sistematika yang sudah ditentukan, dari 45 karya tulis tersebut nanti akan di tentukan 10 karya tulis terbaik untuk maju di babak selanjutnya” ungkapnya di hotel Grand Rosela, Rabu (9/11)

Setelah nanti sampai di babak final, lanjutnya, 10 karya tulis terbaik tersebut akan dipresentasikan oleh masing-masing pengurus Karang Taruna. “Dengan catatan RAB dari problem solving yang direncanakan tidak melebihi anggaran yang sudah ditentukan yakni tidak lebih dari 10 juta” tambahnya.

Pada perlombaan tersebut pemenang akan mendapatkan uang bantuan pembinaan Rp 10 juta untuk Juara I, Rp 7,5 juta untuk juara II dan Rp 5 juta untuk juara III. Rp 3 juta untuk juara IV dan Rp 2 juta untuk juara V.

Ia berharap lomba Karang Taruna ini bisa melahirkan Karang Taruna berprestasi terbaik, yang bisa menjadi contoh bagi Karang Taruna yang lain di setiap Kelurahan.

“Dimana Karang Taruna sekarang dihadapkan pada tantangan global seperti penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja, penganguran dan lain lain” ujarnya.

Hal senada dikatakan oleh PLT Walikota, Sulistyo, menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka pengembangan generasi muda.

“Selain itu juga dapat bermanfaat untuk penguatan organisasi, peningkatan usaha kesejahteraan social, usaha ekonomi produktif, serta pengembangan kemitraan dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pembangunan Kota Yogya” katanya

Ia menegaskan saat ini Karang Taruna juga harus siap berkompetisi dalam percaturan bisnis yang semakin global di mana arus barang dan jasa akan bebas keluar masuk Indonesia.

“Untuk itu, dibutuhkan penguatan sumber daya manusia, termasuk meningkatkan kompetensi keahlian sehingga kita siap memasuki persaingan yang semakin kompleks” ujarnya

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi serta dapat mendayagunakan setiap potensi yang ada, dan dapat memicu untuk memaksimalkan kreativitas para anggota karang taruna (Han)