Kini UMKM Kota Yogya Bisa Pasarkan Produknya Secara Online
Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindakoptan) Kota Yogya bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) telah menyepakati kerjasama untuk mengembangkan e-commerce (marketplace) guna mendukung pemasaran produk-produk Usaha MirkroKecil Menengah (UMKM).
Pembukaan situs online ini merupakan salah satu bentuk dukungan Pemkot Yogya dan BNI untuk meningkatkan akses para pelaku UMKM ke jalur pemasaran secara online atau e-commerce, sehingga akan membantu para pelaku usaha tersebut mengembangkan pasar bagi produk-produknya.
Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Kepala Disperindagkoptan Kota Yogya dengan Pemimpin BNI kator cabang Yogyakarta. E-commerce yang akan dimiliki oleh Pemkot Yogya ini nantinya akan dikelola Disperindakoptan Kota Yogya
Pemimpin BNI Kantor Cabang Yogyakarta, Wawan Adinarmihardja mengungkapkan, sesuai perkembangan jaman bahwa perekonomian cenderung menggunakan era teknologi yang lebih maju maka BNI berkenan kerjasama dengan Pemkot Yogya dalam hal e-commerce sebagai peningkatan dan pengembangan sektor usaha demi menunjang pembangunan dan kemajuan Pemkot Yogya
“Kerjasama ini dalam rangka marketting e-commerce dimana pelaku UMKM di Kota Yogya selanjutnya bisa memanfaatkan layanan tersebut” katanya di Gazebo Garden, Rabu (13/12).
Pembukaan situs online ini, lanjutnya, merupakan salah satu bentuk dukungan BNI untuk meningkatkan akses pelaku UMKM ke jalur pemasaran secara online atau e-commerce.
“Sehingga akan membantu para pelaku usaha tersebut mengembangkan pasar bagi produk-produknya” tandasnya.
Ia menambahkan produk yang akan dipasarkan melalui situs online ini seperti produk-produk yang dihasilkan pelaku UMKM di Kota Yogya yakni kerajinan, souvenir, furniture, tas, busana, dan lain-lain.
Sementara itu Kepala Disperindakoptan Kota Yogya, Lucy Irawati menyambut baik kerjasama tersebut. Menurutnya kerjasama tersebut sudah sesuai dengan visi dan misi dari Pemkot Yogya
“Ini sangat luar biasa manfaat yang bisa di dapat bilamana pemerintah daerah dapat bekerja sama dengan pihak BNI”katanya
Ia berharap agar dengan adanya sistem pemasaran yang lebih luas ini, maka UMKM harus punya komitmen untuk menjaga ketersediaan stok barangnya. “Kepercayaan konsumen harus kita jaga,“ ungkapnya.
Pemkot Yogya memberikan kesempatan kepada UMKM di wilayahnya untuk memanfaatkan pasar online ini untuk memperluas pemasaran mereka.
Ia meyakini bahwa pasar online ini nantinya akan memberikan dampak positif tidak hanya terhadap peningkatan atau pemberdayaan sektor UMKM, tetapi juga sektor pariwisata di Kota Yogya.
Mengingat pertumbuhan pengguna internet di Indonesia terus meningkat mencapai 20 persen setiap tahunnya dan saat ini jumlahnya sudah mencapai sekitar 88 juta pengguna” Katanya. (Han)