Lemdiklat POLRI Kagum Dengan Inovasi Daerah yang dilakukan Kota Yogyakarta
Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyambut kunjungan kerja Benchmarking To The Best Practices Diklatpim TK. IV Pusat Pendidikan Administrasi Lemdiklat POLRI, dalam rangka mempelajari inovasi pelayanan publik di Kota Yogyakarta, selasa (13/3) di ruang Bima.
Kunjungan kerja tersebut di hadiri oleh Staf Ahli Walikota, Bidang Perekonomian Bejo Suwarno dan Wakil Kepala Pusat Pendidikan Administrasi Lemdiklat POLRI, Muhammad Rois dan narasumber terkait dengan inovasi daerah di Kota Yogyakarta.
Kesadaran pentingnya inovasi daerah saat ini ditandai dengan terbitnya Undang-Undang no. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang memberikan peluang pemerintah daerah untuk melakukan inovasi.
Dalam rangka peningkatan inovasi daerah di Kota Yogyakarta memiliki delapan inovasi yang diusulkan dalam Penghargaan Pemerintah Inovasi, Innovative Government Award (IGA) Tahun 2017.
Penghargaan Pemerintah Inovasi IGA meliputi, KBS Online, Keluarga Bersama di Kecamatan Danurejan, Rumah Terampil Keparakan, Public Safety Center (PSC) 119, Rumah Sehat Lansia, Penataan Penerangan Jalan Umum (PJU) Lingkungan, serta Unit Pelayanan Informasi dan kelurahan (UPIK).
Setiap inovasi memiliki latar belakang permasalahan secara spesifik. Namun Pemerintah Daerah berpedoman pada prinsip sebagai bentuk peningkatan inovasi daerah yang dimiliki Kota Yogyakarta.
Wakil Kepala Pusat Pendidikan Administrasi Lemdiklat POLRI, Muhammad Rois mengatakan pembaharuan inovasi daerah memerlukan persiapan yang cukup panjang. Hal ini yang membuat Diklatpim TK. IV Pusat Pendidikan Administrasi Lemdiklat POLRI berkunjung ke Kota Yogyakarta.
“kami semua sudah sering mengunjungi di kota yogyakarta. Kami menilai kota yogyakarta adalah salah satu kota yang layak Benchmarking. Yang terpenting kami bisa mengadobsi, memberikan inspirasi positif dan mengambil yang terbaik. Siapa tahu bisa di aplikasikan di kota kami,” ucapnya.
Sedangkan Staf Ahli Walikota, Bidang Perekonomian Bejo Suwarno mengatakan tujuan inovasi pelayanan publik untuk mempebaiki kinerja dan meningkatkan pelayanan publik yang ada di Kota Yogyakarta.
“ditujukan untuk meningkatkan keunggulan yang kompetitif dengan memperbaiki kinerja administrasi melalui peningkatan produktifitas, yaitu dengan cara memperbaiki mutu produk dan pelayanan, dimana diberikan praktek-praktek terbaik yang nantinya akan digunakan pada tugas pokok mereka” ucapnya. (Hes)