HUT PDAM Ke 101, Walikota Tekankan Pentingnya Profesionalitas

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirtamarta yang ke 101, PDAM Tirtamarta Kota Yogya menggelar upacara. Bertindak sebagai inspektur upacara Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti. Upacara yang digelar di halaman kantor PDAM tersebut berlangsung khidmat.

Dalam amanatnya, Walilkota Yogyakarta mengatakan melalui upacara tersebut sangat tepat kiranya apabila dimanfaatkan sebagai salah satu langkah untuk menyegarkan kembali komitmen dan menguatkan semangat untuk terus senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Yogyakarta khususnya dalam penyediaan air bersih.

“Untuk itu, saya mengajak segenap jajaran PDAM Tirtamarta untuk benar-benar meningkatkan semangat dan komitmennya dalam melayani masyarakat, Pelayanan terbaik harus menjadi komitmen kita semua, jangan sampai ada keluhan dari masyarakat terkait penyediaan air bersih” katanya di lokasi, Kamis (1/8/2019).

Menurutnya ketersediaan air bersih yang memenuhi standard kesehatan tentu berpengaruh terhadap derajat kesehatan sebagai sumber daya pelaksana pembangunan.

“Artinya air bersih ini sangat penting bagi  seluruh warga masyarakat. Ketersediaan air menjadi isu pokok  di tengah situasi perubahan iklim yang terjadi saat ini,” jelas Walikota.

Selain itu, Walikota juga mendorong PDAM Tirtamarta tetap konsisten mengembangkan produksi air minum kemasan untuk menambah pendapatan perusahaan daerah tersebut.

Ia pun berpesan agar PDAM tirtamarta terus meningkatkan profesionalitasnya untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Yogya.

“Perusahaan harus semakin profesional agar dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan juga bagi perusahan dan seluruh karyawannya. Tingkatkan terus kedisiplinan, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi. Dengan itu semua, saya yakin perusahaan ini akan menjadi hebat pada masa mendatang,” ujarnya

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Dwi Agus Triwidodo mengatakan jika PDAM Tirtamarta Yogyakarta telah mampu menangani keluhan pelanggan terkait kurangnya debit air terutama pada jam puncak pemakaian seperti pukul 04.00-07.00 WIB atau pukul 16.00-18.00 WIB.

"Saat ini, keluhan terkait debit air dibanding tahun sebelumnya sudah sangat berkurang, itu karena kami menerima tambahan debit dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional,” katanya

Ia menyebut jika debit air yang dimiliki PDAM Tirtamarta Yogyakarta sebelum menerima tambahan debit dari SPAM Regional sekitar 500 liter per detik.

Namun saat ini, lanjutnya, sudah ada tambahan sebanyak 50 liter per detik yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Yogyakarta bagian selatan.

"Seluruh tambahan debit air tersebut masuk ke Reservoir Bedog sebelum didistribusikan ke pelanggan" ujarnya.

PDAM Tirtamarta dalam waktu dekat juga akan memperoleh tambahan debit sebanyak 50 liter per detik yang akan dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan pelanggan di Yogyakarta bagian tengah dan utara sehingga total debit air yang dimiliki perusahaan daerah tersebut mencapai 600 liter per detik. (Han)