Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta
 adminwarta,    03 Juli 2018 Aleksa Hadir di Perpustakaan Kota
Aleksa Hadir di Perpustakaan Kota

Perpustakaan Kota Yogyakarta dalam waktu dekat ini akan meluncurkan inovasi baru  yang bernama Aleksa atau Ada Koleksi Lokal Konten Yogyakarta. Layanan ini akan memudahkan pengujung perpustakaan dalam mencari koleksi buku yang berisi berbagai referensi lokal tentang Yogyakarta.

Dituturkan oleh Kepala Seksi Pelestarian Koleksi Pustaka dan Naskah Kuno Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Ismawati Retno, Aleksa menyedikan koleksi buku-buku yang menyajikan berbagai informasi mengenai Yogyakarta seperti budaya tradisional, sejarah, pariwisata, informasi populer, potensi daerah, arsitektur kota

“Aleksa ini khusus untuk buku referensi tentang Yogyakarta. Aleksa dilatarbelakangi dari banyaknya pengunjung perpustakaan yang merasa kesulitan saat harus mencari buku yang bisa dijadikan referensi terkait Yogyakarta, oleh karena itu kami berinisiatif mengelompokkan buku-buku tentang Yogyakarta di pojok khusus sehingga muncul Aleksa” Katanya.

Ismawati menambahkan, buku yang menjadi koleksi Aleksa berjumlah ratusan, termasuk buku-buku kuno tentang Yogyakarta yang berbahasa Belanda dan Perpustakaan Kota Yogyakarta terus berupaya untuk menambah buku koleksi Aleksa, salah satunya dengan mengirimkan surat edaran ke seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk dapat menyalurkan buku atau majalah yang diterbitkan agar menjadi koleksi Aleksa.

 “Harapannya, pekan pertama Juli sudah ada tambahan koleksi berupa buku atau majalah terbitan OPD di lingkugnan Pemkot” Imbuhnya.

Walau belum diluncurkan secara resmi, namun layanan Aleksa saat ini telah dapat diakses   pengunjung di lantai dua gedung Perpustakaan Kota Yogyakarta yang terletak di Jl. Suroto Kotabaru.  Kehadiran Aleksa melengkapi berbagai layanan yang ada di Perpustakaan Kota Yogyakarta seperti Pojok Sirima atau Presiden dari masa ke masa yang berisikan buku mengenai Presiden Indonesia dari masa ke masa.

“Ada juga Popi atau Pojok Lipi, Belinda atau blind corner untuk anda, hingga Kartika atau koran dan majalah terbitan berkala” Kata Ismawati.


(47 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini 227 Kemarin 3705 Bulan Ini 20613 Tahun Ini 149711 Total Pengunjung 149711
Lokasi Kantor

Segera Terpetakan


Tautan Terkait