Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta
adminwarta, 10 September 2019 Dinas Kebudayaan Kota Yogya, Berikan Enam Penghargaan Bagi Seniman dan Budayawan di Kota Yogyakarta
berita

Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta memberikan penghargaan kepada seniman budaya yang dinilai mampu mengikuti perkembangan zaman dengan keberagaman akar budaya masing masing. Enam pelaku seniman budaya ini menerima penghargaan di Bilik Kayu Resto, Jalan Ipda Tut Harsono, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Rabu (11/9).

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Eko Suryo Maharsono dalam kesempatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk salah satu bahwa budaya itu terus maju dan menanamkan nilai nilai budaya yang ada di Kota Yogyakarta.

“Seniman dan budayawan ini memiliki wawasan ke depan untuk maju tetapi tetap melihat ke belakang dengan nilai-nilai budaya Yogyakarta. Keduanya bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Enam Budayawan yang terpilih adalah Bimo Wiwohatmo merupakan Tokoh Penggiat Budaya Seni Tari yang sampai saat ini masih eksis dalam bidangnya. Selain itu ada juga Sri Sukami Hetty seorang seniman theater, pelestari bangunan cagar budaya Ndalem Pujowinatan Raden Mas Katowo B. Himodigdoyo, Heri Pemad sebagai Tokoh seniman sekaligus tokoh pemilik Festival ArtJog, Marsudi Wiyono sebagai Tokoh seni panggung serta Shaggydog Band yang masih sampai saat ini menampilkan yang terbaik untuk masyarakat yang menikmati karyanya.

Ke enam seniman dan budaya ini memperoleh penghargaan budaya yang diberikan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Salah satu penerima penghargaan Bimo Wiwohatmo yang merupakan Tokoh Penggiat Budaya Seni Tari berharap, seniman dan budayawan berjalan dengan sangat dinamis dan menggembirakan karena saat ini sudah tidak ada batasan ruang dan waktu dalam menampilkan kreasi tari.

“Tidak harus di panggung saja, seni tari bisa ditampilkan lebih luas di mana saja atau di ruang-ruang public. Bahkan tidak terkait dengan waktu yang ada,” katanya.

Dengan adanya penghargaan ini yang beragam karya diharapkan semakin berkembang kreasi yang dimiliki seniman dan budaya yang ada di Kota Yogyakarta agar terciptanya Kota Yogyakarta Istimewa. (Hes)


  (15 nilai)

Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini 837 Kemarin 1468 Bulan Ini 25289 Tahun Ini 55227 Total Pengunjung 55227
Lokasi Kantor

Segera Terpetakan


Tautan Terkait