Dukung Gandeng Gendong, JNE Luncurkan Friendly Logistics

JNE Yogyakarta, bekerjasama dengan PT Cakra Nala Logistic (Canal) meluncurkan program friendly Logistics pada hari Senin (16/9) di Gudang JNE, Jl. Parangtritis. Program ini merupakan layanan fasilitas warehouse atau gudang untuk UMKM di Kota Yogyakarta.

Head Regional Jateng – DIY JNE, Marsudi, pihaknya telah menyiapkan gudang seluas 400 meter persegi dengan kemampuan pengelolaan gudang hingga  ribu unit. Menurut Marsudi, layanan ini lahir dari permasalahan yang sering ditemui oleh pelaku usaha, yakni lebih disibukkan dengen proses warehousing sehingga pengembangan produk dan strategi pemasaran menjadi terganggu.

“Kehadiran layanan ini memungkinkan pelaku usaha untuk fokus pada sektor produksi dan penjualan, sementara masalah logistic akan ditangani oleh layanan ini,” kata Marsudi.

Marsudi menambahkan, layanan itu menawarkan berbagai fasilitas seperti pengelolaan warehousing secara profesional dan terintegrasi dengan layanan last mile delivery serta update inventory dan shipment status secara berkala.

“Layanan ini member fasilitas yang beragam seperti digital marketing, warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management hingga delivery sehingga memberikan efisiensi waktu dan biaya kepada pelaku usaha,” tambah Marsudi.

Sementara, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi berharap layanan ini dapat mendukung kemajuan UMKM di Kota Yogyakarta dalam menyimpan barang.

“Sejalan dengan semangat gandeng-gendong, kami melibatkan korporat untuk melakukan optimalisasi potensi UMKM di Kota Yogyakarta, antara lain melalui kemitraan usaha, jejaring usaha, pemberian fasilitas, pelatihan, atau bentuk lainnya,” Tutur Heroe.

Lebih lanjut, Heroe mengatakan,  di era web 4.0, digitalisiasi usaha sudah merupakan keharusan, dari mulai pemasaran produk, layanan produk, hingga pergudangan sudah dilakukan dengan aplikasi digital yang mudah dalam genggaman

“Melihat kondisi tersebut Pemkot menggandeng JNE untuk membantu pemasaran dan pergudangan produk UMKM Kota Yogyakarta. Melalui pemasaran digital kita dapat mempromosikan, menjual, mengirim produk secara digital, pun demikian dengan gudang digital. Melalui gudang digital kita bisa tahu stock barang yang terjual, stock barang di gudang, produk yang laris dijual dan kecederungan pembelian sebuah produk secara digital dalam sebuah aplikasi,” imbuh Heroe.(ant)