Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta
 adminwarta,    08 Oktober 2019 Lomba Budaya Jawa SD tingkat Kota Yogyakarta
Lomba Budaya Jawa SD tingkat Kota Yogyakarta

Kebudayaan Jawa merupakan salah satu bagian dari kebudayaan yang ada di Indonesia. Kebudayaan Jawa dengan keaneka ragamannnya banyak mengilhami masyarakat Jawa dalam tindakan maupun perilaku. Sebagai pusaka warisan leluhur yang menjadi tuntunan dalam berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam upaya memupuk cinta budaya dan mewariskan budaya menggelar lomba budaya Jawa SD tingkat Kota Yogyakarta, pada Selasa pagi, 8/10 2019 di Taman Madya Ibu Pawiyatan Kompleks Tamansiswa, Yogyakarta.

Cynthia Yulita W, Ketua panitia dalam laporannya menjelaskan, lomba budaya Jawa SD tingkat Kota Yogyakarta, diselenggarakan untuk pertama kalinya, dengan mempertandingkan lima jeis lomba, yakni ; Sesorah, Mocopat, nyerat aksara jawa, Gladi Kawruh Basa Jawa dan dolanan anak.dengan total peserta 232 siswa.

Tujuan kegiatan ini adalah agar memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik sekolah dasar khususnya dalam di bidang budaya Jawa dengan mengedepankan sikap sportifitas dalam pengembangan diri secara optimal guna meningkatkan mutu pendidikan, Mengembangkan ekspresi budaya sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik, Meningkatkan kreativitas, dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya khusunya dalam bidang budaya Jawa, Menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya jawa dan Menumbuh kembangkan sikap sportivitas dan kompetitif peserta didik sejak dini, yang merupakan bagian dari pendidikan karakter, serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi peserta didik, imbuh Cynthia

Kepala Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta,  Rohmad menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu hinga sukses terselenggarany lomba budaya Jawa SD tingkat Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan wujud nguri-uri dan menanamkan sejak dini budaya Jawa, agar generasi penerus memahami dan meneladani nilai-nilai luhur budaya Jawa dalam kehidupan sehariharinya. Mudah-mudahan para juara tingkat Kota Yogyakarta bisa berprestasi dalam tingkat Provinsi yang akan datang, ujar Rohmad. (ant)


(21 nilai)

Tinggalkan Komentar

Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat Hari Ini

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini 369 Kemarin 1909 Bulan Ini 44228 Tahun Ini 117050 Total Pengunjung 117050
Lokasi Kantor

Segera Terpetakan


Tautan Terkait