Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta
 adminwarta,    05 November 2019 Cara Mudah Mempelajari Sains dengan Pertunjukkan Binôme ‘Souris Chaos’
Cara Mudah Mempelajari Sains dengan Pertunjukkan Binôme ‘Souris Chaos’

Taman Pintar Yogyakarta hingga saat ini memberikan pelayanan terbaik dalam bidang sains. Bekerjasama dengan IFI (Institude Francais Indonesia ), Taman Pintar  menyelenggarakan Binôme berjudul ‘Souris Chaos’ di Gedung Science Theater Taman Pintar Kota Yogyakarta, Selasa (5/11).

Arti dari Binôme berasal dari bahasa perancis yang berarti ‘pasangan’ yaitu penggabungan seni teater dengan ilmu pengetahuan.

Pertunjukan berjudul ‘Souris Chaos’ artinya ‘tikus kekacauan’ ini menggunakan tiga karakter dari kelompok teater Prancis ‘Les Sens des Mots’ dengan bahasa inggris sebagai pengantar.

Sedangkan ‘Souris Chaos’ menceritakan tentang masyarakat yang konsumtif dan kekacauan dari kecanduan, yang diharapkan kegiatan ini mampu memberikan bayangan di masyarakat saat ini. SMA N 1 Jetis Bantul terpilih memiliki kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan ini.

Kegiatan pertunjukan Binôme berjudul ‘Souris Chaos’ meliputi pembacaan puisi, drama, sains show dan live cooking. Pengelola Kepala Taman Pintar Kota Yogyakarta, Afia Rosdiana menyampaikan, pertunjukkan ini merupakan gabungan ilmu sains dan ilmu seni yang di jabarkan dengan suatu pertunjukkan theater.

“ Pertunjukkan seni ini digabungkan dengan ilmu sains, nah ini merupakan suatu pertunjukkan yang baru bagi masyarakat Kota Yogyakarta, ternyata memiliki pesan bagus untuk masyarakat,” ungkapnya.

Melalui research, para ilmuan memilih ketertarikannya terhadap meningkatnya obesitas di masyarakat, seiring waktu ternyata dapat disimpulkan bahwa salah satu penyebab obesitas adalah pemikiran diri sendiri, ini melibatkan ilmu sains. 

“Taman Pintar merupakan pusat ilmu pengetahuan yang misinya adalah pengembangan literasi di masyarakat, hal ini baik untuk komunikasi kepada khalayak, supaya masyarakat tahu kasus dan penyebab obesitas,” ungkapnya

Binôme sudah diperkenalkan ke berbagai negara sejak tahun 2012. Pertunjukan ini memiliki tujuan pendidikan yang penting sebagai mediasi dan komunikasi alat non-didaktik.

Penggabungan sains dengan seni merupakan cara unik untuk mempelajari sains. Pertunjukan binôme sejalan dengan misi Taman Pintar untuk menyebarluaskan sains dengan cara yang menyenangkan.

“ ini merupakan sebuah trobosan terbaru didalam ilmu sains dan seni pertunjukkan, dan aktornya juga langsung dari Prancis, tidak menutup kemungkinan akan kita adakan lagi untuk tahun kedepannya,” katanya.

Kegiatan tersebut ditujukan untuk para siswa SMA dan Mahasiswa yang berada di Kota Yogyakarta, dalam memperoleh cara baru untuk mempelajari sains. Taman Pintar ingin menunjukkan bahwa sains tidak hanya berhubungan dengan ilmu pasti, tetapi juga dapat dikembangkan dan disejajarkan dengan perkembangan zaman melalui seni yang disesuaikan dengan ketentuan-ketentuan ilmu pengetahuan. (Hes)


(3 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini 192 Kemarin 3705 Bulan Ini 20578 Tahun Ini 149676 Total Pengunjung 149676
Lokasi Kantor

Segera Terpetakan


Tautan Terkait