Pedagang di Malioboro Siap Ronda Jaga Kebersihan

 

Pada umumnya ronda dilakukan untuk menjaga keamanan lingkungan agar tetap aman terhindar dari kejahatan. Namun ada yang berbeda di Malioboro, sejumlah PKL yang tergabung dalam SIBER.KOM melakukan ronda untuk menjaga kebersihan.

SIBER.KOM alias Sistem Kebersihan Berbasis Komunitas secara resmi diluncurkan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Perwadi tepat pada peringatan Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019).

Layaknya ronda pada umumnya, personel SIBER.KOM membawa kentongan, serok sampah dan sapu saat menjalankan aksinya tersebut.

Ide tersebut pertama kali digagas oleh Unit 37 Koperasi Persatuan Pedagang Kaki Lima Yogyakarta (KPPKLY), dengan tagline Saatnya Menjadi Pahlawan Kebersihan.

Presidium Paguyuban Kawasan Malioboro (PPKM) Sujarwo menuturkan, SIBER.KOM sebagai bentuk keseriusan para pedagang dan PKL di kawasan Malioboro untuk menjaga lingkungan sekaligus membangun kesadaran.

“Tidak hanya memungut sampah saja namun juga memberikan edukasi dan membangun kesadaran para masyarakat, pengunjung dan komunitas lain,” ucapnya.

Sujarwo menjelaskan, sistem ronda yang akan dijalankan personel SIBER.KOM bersifat bergilir dengan pembagian jadwal piket. “Ini semacam kayak ronda, jadi bagi-bagi seperti piket dan beda-beda. Misalnya Unit 37 KPPKLY ada 14 orang, dan unit lainnya beda lagi,” terangnya.

SIBER.KOM sekaligus menjadi tindak lanjut atas peluncuruan Jaga Lisa beberapa waktu yang lalu. Diharapkan akan diikuti oleh komunitas lain, karena menurutnya tanggung jawab menjaga Malioboro milik bersama.

Terobosan tersebut langsung disambut baik Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, dengan hadirnya SIBER.KOM tersebut diharapkan bisa mencitpakan suasana Malioboro yang lebih nyaman lagi.

“Kebersihan Malioboro adalah tanggung jawab kita bersama, kalau ada sampah ya dipungut, kalau ada yang buang sampah sembarangan ya diingatkan,” tandasnya.

Namun selain kebersihan dan menjaga tanaman, Ia juga berharap suasana nyaman tetap bisa dihadirkan dengan memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada para pengunjung.

Heroe mengaku akan terus memberikan yang terbaik untuk Malioboro agar tetap menjadi destinasi pilihan para wisatawan.

“Kami akan terus berupaya sebaik mungkin, jangan sampai ada orang yang mengeluhkan sampah di Malioboro,” tegas Heroe.