Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta
 Adminwarta,    20 Maret 2020 Cegah Penularan Virus COVID-19, Pemkot Yogya Lakukan Aksi Bersih-bersih
Cegah Penularan Virus COVID-19, Pemkot Yogya Lakukan Aksi Bersih-bersih

Pemerintahan Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berupaya mengantisipasi penyebaran Virus COVID-19 di Kota Yogya. Hari ini, Jum'at (20/03) seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Balai Kota Yogyakarta melakukan aksi bersih-bersih.

Aksi bersih-bersih ini dilakukan dengan melibatkan seluruh karyawan dan karyawati Pemkot. Selain itu, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pencegahan Virus COVID-19 serta mensterilkan ruang lingkup Balaikota.

Kepala Seksi Penyehatan lingkungan dan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Ambarwati Triwinahyu mengatakan, bersih-bersih ini dalam rangka desinfeksi di area kerja khususnya di wilayah Balaikota Yogyakarta.

“ Bersih2 ini dalam rangka melakukan desinfeksi di seluruh area kerja, sehingga diharapkan semua tempat kerja bersih, mengurangi paparan virus, bakteri dan lain-lain, termasuk virus corona. Sebenarnya desinfeksi ini tidak hanya sekali saja, tetapi harus terus menerus dilaksanakan, meskipun tidak ada virus tersebut,” ungkapnya saat diwawancarai.

Selain memberikan fasilitas tempat untuk bercuci tangan yang diletakkan di depan pintu masuk disetiap OPD, karyawan ataupun masyarakat yang datang diberikan handsanitizer. Pencegangan ini dilakukan dengan harapan saling menjaga dari Pemerintah maupun masyarakat yang berkunjung ke Balaikota.

Kegiatan bersih-bersih ini dimulai pukul 8 pagi, dengan membersihkan handle pintu, meja, mouse yang bersentuhan dengan tangan, menyemprot lantai dan bagian-bagian dalam kantor dengan desinfektan, serta menyediakan hand sanitizer dan memberikan tempat khusus untuk mencuci tangan.

Selain memberikan sosialisasi kepada masyarakat, sejumlah lokasi seluruh bangunan di Balaikota tak lepas dari perhatian untuk dilakukannya penyemprotan desinfektan. Penyemprotan desinfektan ini di lakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

Giat bersih dan penyemprotan dilakukan secara mandiri disetiap OPD. Kegiatan bersih-bersih ini tak hanya dilakukan di lingkungan Balaikota, namun kegiatan penyemprotan ini diadakan di beberapa titik yakni di Malioboro dan Bringharjo.

“ Diharapkan kegiatan ini menjadi pembiasaan, yang akan selalu dilakukan tiap hari. Sehingga dengan tempat kerja yg bersih, bebas virus, tempat kerja kita menjadi tempat kerja yang sehat,” tambahnya.

Ambarwati menambahkan, harapan kedepannya setelah dilakukannya bersih-bersih ini, seluruh karyawan menerapkan hidup bersih dan sehat dengan kegiatan bersih-bersih rutin.

“ Kedepannya kita harap masing-masing OPD menginisiasi kegiatan rutin tersebut. Selain itu, kegiatan bersih-bersih desinfeksi ini bisa menjadi pembiasaan bagi semua pegawai di lingkungan Pemkot,” ungkapnya.

Selain Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta ikut aksi bersih-bersih ini. Salah satu karyawan Bidang Perlindungan Anak (DPMPPA), Kurnia Irianti mendukung adanya kegiatan pencegahan virus dengan melakukan bersih-bersih disetiap ruangan. Diharapkan ini menjadi kebiasaan untuk tetap menjaga kesehatan dan lingkungan kerja.

“ Kegiatan bersih-bersih seperti ini sangat perlu sekali, ini sebagai salah satu bentuk  langkah nyata untuk mencegah terjangkit virus tersebut. Selain itu, kita harus membiasakan untuk mencuci tangan agar terhindar dari Virus COVID-19,” ujarnya. (Hes)


  (111 nilai)
Pencarian
Agenda Kegiatan

Maaf, belum ada agenda kegiatan

Agenda Rapat

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor

Segera Terpetakan

Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait