Rangkaian acara dalam menyemarakkan Ulang Tahun Kota Yogyakarta yang ke 262, Bank Jogja bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) dan Pemerintah Kota Yogyakarta mengadakan aksi Donor Darah untuk masyarakat Kota Yogyakarta.

Aksi donor darah ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Oktober 2018, pukul 08.00-14.00 WIB yang bertempat di Gedung Graha Pandawa Balaikota Yogyakarta. Kegiatan ini di hadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi yang juga ikut mendonorkan darahnya.

Disamping itu acara ini diikuti mulai dari mahasiswa, PNS yang berada dilingkup Balai Kota hingga masyarakat umum. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB, terlihat antrian panjang para masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai pendonor. Banyaknya antrian para calon pendonor ini menunjukan antusias yang positif dan kepedulian masyarakat jogja dalam bidang sosial.

Kegiatan donor darah ini dilakukan sebagai bentuk bakti sosial untuk masyarakat yang mana darah hasil aksi donor akan di salurkan bagi masyarakat yang membutuhkan. Donor darah ini difasilitasi dengan menyediakan dua gerobak soto, snack ringan seperti gorengan dan  disediakan minuman bagi para calon pendonor.

Acara ini diharapkan bagi para calon pendonor  mengkonsumsi makanan yang sudah disediakan sebelum melakukan pengecekan tensi darah dan Hemoglobin agar mereka dapat mendonorkan darah mereka.

Setelah pendonor berhasil menyumbangkan darah, pihak Bank Jogja yang bekerjasama dengan PMI Yogyakarta memberikan bingkisan sebagai tanda terimakasih serta menyediakan undian bagi masyarakat yang sudah merndonorkan darahnya, jika beruntung undian tersebut dapat ditukarkan dengan doorprize menarik yang sudah di sediakan oleh pihak panitia.

Sampai saat ini jumlah relawan donor darah dibatasi sejumlah 600 orang. Dari 600 relawan yang melakukan pendaftaran hingga berakhir pada pukul 12.30 WIB. Ada sebanyak 400 orang yang darahnya berhasil lolos untuk di ambil darahnya oleh  PMI, jumlah tersebut akan terus bertambah sampai akhir acara pada pukul 14.00 WIB.

PMI menyediakan 13 tenaga medis dengan 26 kasur lipat untuk melancarkan kegiatan aksi donor darah ini. Calon peserta golongan darah didominasi oleh para PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan Pamong Praja Balai Kota Yogyakarta. (Hes/Vin/Dwi)