Suasana penuh kegembiraan dirasakan para jemaat dalam Perayaan Natal dan Pentas Seni Umat Kristiani Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan Yogyakarta, di Aula Yerusalem, Gereja Katolik St. Yusuf Bintaran, Kamis (3/1).

Dalam kesempatan ini, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti ikut hadir dalam perayaan natal keluarga Wirogunan. Acara ini diikuti seluruh masyarakat umat Kristiani yang ada di kelurahan wirogunan dengan menghadirkan berbagai penampilan menarik di tiap wilayah masing-masing.

Ketua Panitia, Yosep Dapaloka mengatakan, acara ini merupakan gabungan antara empat Gereja yang ada di Kelurahan Wirogunan.

“Kegiatan ini merupakan gabungan antar jemaat Gereja Sidang Jemaat Pantekosta (GSJP) Bintaran Kidul, Gereja Kristen Jawa (GKJ) Mergangsan, Gereja Baptis Indonesia (GBI) Nyutran, serta Gereja Katolik Santo Yusuf Bintaran” ujarnya.

Paseduluran Kristiani Kelurahan Wirogunan mengusung tema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” (I Korintus 1:30A), acara ini berjalan dengan hikmat dan penuh sukacita. Romo Heru Yanto mengatakan, kegiatan ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan dan berharap akan terus terselenggara.

“Kegiatan ini merupakan pertama kalinya kami menyelenggarakan Perayaan Natal bersama, padu menjadi satu di Kelurahan Wirogunan dengan menggabungkan jemaat 4 gereja skaligus” ungkapnya.

Selain itu Walikota mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru. “Saya mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Natal bagi segenap umat Kristiani, terutama di wilayah Kecamatan Mergangsan dan sekitarnya, serta juga Selamat memasuki Tahun Baru 2019 bagi segenap warga Kota Yogya” ungkapnya.

Ia mengatakan, tahun 2018 yang lalu, dapat menjadi penggerak motivasi, semangat baru bagi resolusi kita bersama.

“Semoga dengan ucapan syukur atas segala berkat dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa yang kita nikmati pada tahun 2018 yang lalu, dapat menjadi penggerak motivasi, semangat baru bagi resolusi kita bersama untuk senantiasa menjadi lebih baik di masa mendatang, di tahun 2019 ini ” katanya.

Dalam kesempatan kali ini, Walikota juga menginformasikan kepada jemaat yang hadir bahwa hari yang bersamaan Kota Yogyakarta memperoleh penghargaan Harmoni Award.

Penghargaan ini diperoleh karena adanya Kerukunan Umat Beragama diwilayah Kota Yogyakarta. Hal ini di apresiasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia, yang pagi tadi diserahterimakan langsung dari Menteri Agama RI oleh Lukman Hakim Saifuddin, kepada Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.  

Hal ini menunjukkan bahwa Kota Yogyakarta adalah kota yang memiliki warga dan masyarakat yang Istimewa, guyub, rukun, ayem, tentrem, damai dan toleran, serta terbuka bagi siapa saja umat beragama yang berada di Kota Yogyakarta yaitu beranekaragam. Hal ini juga memperkuat predikat Kota Yogyakarta sebagai Kota yang toleran (City of Tolerance).

Haryadi berharap, Kedamaian itu harus terus kita rawat dan jaga, sembari senantiasa memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kedamaian itu harus terus kita rawat dan jaga, sembari senantiasa memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta terus melakukan kerja keras bagi kesejahteraan dan kemakmuran bersama dengan penuh semangat, sebagai wujud dari suka cita atas anugerah yang diberikan kepada kita, oleh Tuhan Yang Maha Kuasa” ungkapnya. (Hes)